Untuk membuat data
baru untuk perusahaan, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Klik
tombol start
2.
Pilih all program > MYOB Premier >
3.
Didalam kotak dialog yang terbuka terdapat 5 tombol
akses :
a. Open,
untukmembuka data MYOB yang telah
ada
b. Create,
untuk membuat data perusahaan baru
c. Explore,
untuk menampilkan data contoh yang telah disediakan
d.
What’s New, untuk menampilkan file.html yang terhubung
dengan internet, yang berisi berita terbaru dalam versi ini
e. Exit,
untuk mengakhiri program MYOB
4.
Setelah Anda membuka program MYOB klik pilihan Create New
Company File.
5.
Selanjutnya akan muncul kotak dialog New Company File. Form ini terbagi
menjadi 6 bagian, yaitu: Introduction,
Company Information, Accounting Information, Account List dan Company File
6.
Setelah muncul Assistant
Introduction, klik tombol Next sehingga
akan muncul kotak dialog Company
Information untuk mengisikan data nama dan alamat perusahaan.
7.
Setelah itu klik Next
untuk pengisian Accounting
Information dimana ada 4 field yang harus diisi dengan fungsi masing-masing
sebagai berikut :
§
Current
Financial Year
diisikan Tahun Tutup Buku
§
Last
Month of Financial Year pilihan Bulan Tutup Buku
§
Convertion
Month pilihan
Bulan Awal Buku
§
Number of
Accounting Periods pilihan jumlah periode setahun
8.
Berikutnya adalah Assistant untuk pengisian Account List. Ada tiga pilihan dalam
pembuatan Account:
§
I Would
like to start with one of the last provided by MYOB.
Pilihan ini memungkinkan Anda
untuk memilih salah satu type Account dari 105 jenis perusahaan yang telah
disediakan oleh MYOB.
§
I Would
like to import a list of accounts provide by my accountant after I’m done
creating my company file
Pilihan ini memungkinkan Anda
untuk mengimpor daftar account yang telah ada setelah membuat file baru.
§
I Would
like to build my own accounts list one I begin using MYOB.
Pilihan ini memungkinkan Anda
untuk membuat dan mendesain sendiri daftar account.
9.
Kedua pilihan di atas akan memunculkan Assistant
berikutnya yang menginformasikan bahwa data Anda akan dibuatkan secara otomatis
dengan nama direktori dan nama file yang telah dibuatkan oleh MYOB. Jika Anda ingin merubah nama file
dan tempat folder sesuai yang Anda kehendaki maka klik tombol Change, lalu pilih folder direktori
tempat data akan diletakkan, serta ketikkan nama file lalu klik Save.
10. Selanjutnya
komputer akan melakukan proses beberapa detik untuk membuat data baru tersebut.
Hasil pembuatan file baru akan diinformasikan pada Assistant Conclution. Jika muncul kata Congratulations, berarti pembuatan file baru Anda telah berhasil.
Akan ada dua tombol pilihan yang dapat dipilih:
Setup
Assistant : adalah fitur yang
membantu kita untuk mengendalikan beberapa fungsi contents pada command centre
seperti customize, account, sales, purchase. Jika anda menginginkan beberapa
perubahan cara kerja pada beberapa content tersebut, maka klik fungsi tersebut.
Namun, fungsi yang lazim digunakan sudah sesuai dengan setup yang sudah aktif
dan karenanya tidak perlu diubah lagi..
§
Command
Centre: adalah pusat perintah semua
content (isi) yang disediakan oleh MYOB. Dalam hal ini adalah menu
account, banking, sales, timebilling, purchase, inventory, dan cardfile.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar