Untuk menyusun
estimasi biaya ini biasanya dilakukan kegiatan Pre-production meeting di
Internal Agency yang dihadiri oleh Client Service, Creative Team, Traffic
Manager & Produser untuk mendiskusikan materi yang akan diproduksi.
Materi TV: dalam format
storyboard
Materi Radio Commercial: dalam
format script
Materi Print: dalam format
lay-out
Ø PRODUKSI
IKLAN TV
Beberapa informasi yang diperlukan antara lain:
v Durasi,
adalah panjang iklan (dalam detik) yaitu sekitar 15 detik sampai dengan 30
detik. Iklan harus ringkas, mudah diucapkan, dan mudah ingat, paling tidak
menampilan logo atau nama perusahaan.
v Bahasa,
jenis bahasa yang akan digunakan dalam iklan (Indonesia/Inggris/ Bilingual)
v Format,
jenis film yang akan digunakan antara lain: film 35mm, film 16 mm, Video,
Animasi (2D/3D)
v Station
Dubbs adalah kebutuhan jumlah materi (berdasarkan jumlah station TV) dan dalam
bentuk: Digital/Betacam/VHS/SVHS/VCD/DVD, termasuk untuk file klien dan agency
v
Talent, spesifikasi kebutuhan model iklan yang
akan digunakan
v Audio,
jenis audio (dalam dialog/announcer) yang digunakan (bila ada): dubbing, atau
direct sound
v
Musik, jenis musik yang dibutuhkan (bila ada)
antaranya:
1.
Aransemen baru yang khusus dibuat untuk iklan TV ini
2.
Menggunakan musik lama yang diaransir ulang
3.
Tanpa musik, hanya sound effect
ESTIMASI BIAYA IKLAN TV
1. PRODUCTION
Biaya Pre-production
Biaya yang diperlukan untuk
kegiatan persiapan produksi, antara lain :
•
Pre-production meeting
•
Pembuatan storyboard
•
Mengetes konsep
•
Pemilihan sutradara
•
Pengiriman storyboard ke agen pembuatan
iklan/production house
•
Membuat jadwal produksi
•
Memilih pemeran dan pengisi suara
•
Menentukan lokasi syuting
•
Membangun setting
•
Memilih kru, pakaian, dan sebagainya
Biaya Production
• Film
crew, biaya yang dikeluarkan untuk membayar seluruh kru, mulai dari film
director, Director of Photography (DOP), Asisten Sutradara, Produser, dan
lain-lain.
• Equitment,
biaya yang diperlukan untuk sewa atau pembelian keperluan/alat produksi,
seperti kamera, filter, mikrofon, pita magnetic, media optic, lampu, dan
lain-lain.
• Film
stock & processing, biaya yang dikeluarkan untuk pembelian roll film &
biaya proses film tersebut.
• Art
department (set/prop/wardbore), biaya yang dikeluarkan untuk pembelian atau
penyewaan set/prop/wardbore
•
Talent, biaya yang dikeluarkan untuk keperluan
kontrak talent
•
Studio/location, biaya yang dikeluarkan untuk
penyewaan lokasi/studio
• Operational,
biaya yang dikeluarkan untuk keperluan operasional, antara lain transport
• Production
house supervision & insurances, biaya yang dikeluarkan untuk supervisi
production house dan asuransi produksi
2.
POST PRODUCTION
•
Editing (offline & online)
Biaya yang
dikeluarkan untuk proses editing, penyewaan studio editing dan operator. Offline
kegiatan memilih bagian yang baik dari hasil syuting iklan untuk dijadikan
iklan. Sedangkan, online adalah mengembangkan dan menggabungkan dengan efek
tambahan, termasuk tiga gambar dimensi jika diperlukan, sehingga menjadi sebuah
iklan yang siap tayang.
•
Animation
Biaya yang
dikeluarkan untuk animasi, yaitu penggunaan tokoh kartun, boneka, atau
demonstrasi karakter yang bukan animasi ke dalam kehidupan pada iklan televisi.
•
Music/sound design
Biaya yang
dikeluarkan untuk pembuatan musik dalam iklan tv tersebut.
•
Voice over
Biaya yang
dikeluarkan untuk talent voice over, yaitu pengisi suara dari seorang tokok
atau narasi yang merupakan suara di luar kamera.
•
SFX/Mixing/Restripe
SFX atau sound effect adalah efek suara yang
berasal dari berbagai macam suara selain suara manusia dan musik. Mixing adalah
biaya yang dikeluarkan untuk proses penyatuan suara dan musik. Sedangkan,
restripe adalah biaya untuk penggabungan suara, musik, gambar sehingga menjadi
satu kesatuan yang siap dipersiapkan.
•
Finished material & dubs
Biaya yang
dikeluarkan untuk pembuatan copy ke beberapa dubs seperti yang diminta sesuai
dengan jumlah station TV tempat pemasangan iklan tersebut.
3.
BIAYA AGENCY
•
Creative development & scriptwriting
Biaya yang
dikeluarkan untuk man hour yang digunakan untuk pembuatan konsep.
•
Casting
Biaya yang
dikeluarkan untuk keperluan casting/pemilihan talent yang diperlukan.
•
Freight & courier
Biaya yang
dikeluarkan untuk keperluan komunikasi/pengiriman antara agency dengan PH atau
agency dengan klien.
•
Finish Artwork
Biaya yang
dikeluarkan untuk pembuatan beberapa unsur (objek tidak bergerak) sebagai
pendukung iklan TV bersangkutan, seperti: logo, supers, dan lain-lain.
Bagikan :
3 komentar:
Serem nih blognya bahas keuangan
haha kok serem sih
makasih gan :)
Posting Komentar