Arsip Blog

Pengertian Audit Pemasaran


Auditing merupakan suatu proses yang biasanya berhubungan dengan bidang finansial dari suatu usaha dan dilakukan sesuai dengan suatu kumpulan standar akuntansi yang didefinisikan, di dokumentasikan, mudah dipahami, dan memungkinkannya siap mengaudit proses. Pada dasarnya, audit merupakan suatu alat perusahaan agar dapat mengerti bagaimana perusahaan berhubungan dengan lingkungan tempat perusahaan beroperasi.  Dengan kata lain, audit merupakan suatu cara untuk membantu manajemen memilih suatu posisi dalam lingkungan tersebut berdasarkan faktor – faktor yang diketahui.

Pada audit pemasaran terdapat suatu kumpulan bukti yang substansial dan berkembang dengan mengusulkan bahwa, kinerja suatu organisasi di pasar dipengaruhi secara signifikan dan secara langsung oleh persepsi stratest mengenai 3 faktor, yaitu :
1.      Posisi pasar organisasi sekarang
2.      Sifat dari peluang dan ancaman
3.      kemampuan organisasi menanggulangi perkembangan lingkungan.

Dengan ketiga dimensi diatas, perusahaan memiliki dasar untuk pengembangan strategi.  Dinyatakan dalam bentuk yang sederhana, tujuan dari suatu rencana korporat adalah menjawab 3 pertanyaan sentral, yaitu :
1.      Dimana perusahaan sekarang ?
2.      Kemana perusahaan ingin pergi ?
3.      Bagaimana seharusnya perusahaan mengorganisasi sumber dayanya untuk mencapai sana ?

Dari ketiga pertanyaan diatas, dapt dikatakan bahwa, audit merupakan suatu penelaahan dan penilaian yang sistematis, kritikal dan tidak memihak dari lingkungan dan operasi perusahaan. Audit pemasaran merupakan sejumlah cara titik mulai yang benar untuk proses perencanaan pemasaran strategist. Karena melalui audit, strategist sampai pada suatu tolok ukur baik dari peluang dan ancaman lingkungan ataupun kemampuan pemasaran organisasi. 

Menurut Kotler, audit pemasaran merupakan pengujian yang komprehensif, sistematis, independent, dan periodic atau berkala dari suatu perusahaan – perusahaan atau unit usaha lingkungan pemasaran, tujuan strategis, dan aktifitas dengan maksud untuk menentukan area masalah dan peluang serta merekomendasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan. 

Apabila digabungkan, kedua definisi diatas menyoroti 3 unsur pokok dan manfaat potensial dari audit pemasaran, yaitu :
1.      Analisis mengenai lingkungan eksternal dan situasi internal.
2.      Penilaian kinerja masa lalu dan aktifitas – aktifitas sekarang, dan
3.      Identifikasi peluang dan ancaman masa yang akan datang. 

Setiap perusahaan yang melakukan audit akan menghadapi dua variabel, yaitu  1. Terdapat variabel yang perusahaan tidak mempunyai pengendalian langsung. Variabel tersebut biasanya dalam bentuk apa yang dapat dilukiskan sebagai variabel lingkungan, pasar dan kompetitif.
2. Terdapat variabel yang perusahaan mempunyai pengendalian penuh.

Variabel tersebut dapat kita namakan sebagai variabel operasional. Hal tersebut memberi kita petunjuk, yaitu bagaimana kita dapat menstruktur suatu audit,. Hal ini akan diuraikan dalam 2 bagian, yaitu :
1.      Audit eksternal ( External Audit)
2.      Audit internal ( Internal Audit )

Audit eksternal berhubungan dengan variabel yang tidak dapat dikendalikan. Sedangkan audit internal  berkaitan dengan variabel yang dapat dikendalikan. Audit eksternal dimulai dengan suatu pengujian informasi atas ekonomi umum dan kemudian berpindah pada pandangan atas kesehatan dan pertumbuhan dari pasaar yang dilayani oleh perusahaan. Tujuan audit internal adalah untuk menilai sumberdaya organisasi sebagaimana mereka berhubungan dengan lingkungan dan berhadapan dengan sumberdaya dari pesaing.

Menurut Richard M. S. Wilson, dkk, struktur audit pemasaran terdiri dari 3 langkah diagnostik utama yang rinci, yang mencakup penelahaan dari :
1.      Lingkungan organisasi ( peluang dan ancaman )
2.      Sistem pemasarannya ( kekuatan dan kelemahan) 
3.      Aktivitas pemasaran

Tempat Audit Pemasaran dalam Audit Manajemen 

Istilah audit manajemen berarti suatu audit perusahaan secara keseluruhan yang termasuk suatu penilaian dari seluruh sumber daya intern terhadap lingkungan eksternal  


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI