Pengertian E-Commerce
Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e- commerce is a part of ebusiness”.
Penggunaan
internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan
yang dimiliki oleh jaringan internet, yaitu:
- Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
- Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers) , manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (Computer networks) yaitu internet.
Proses Otomatisasi yang menggantikan Proses manual
Kelebihan E-commerce
1. OtomatisasiProses Otomatisasi yang menggantikan Proses manual
2. Integrasi
Proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses
Proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses
3. Publikasi
Memberi jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan
Memberi jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan
4. Interaksi
Pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan ‘Human Eror
Pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan ‘Human Eror
5. Transaksi
Kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi melibatkan insitusi lainnya sebagai pihak yang menangani membayaran.
Harga Lebih Murah, Belanja pada cukup satu Tempat
2. Bagi Pengelola Bisnis
Efisiensi, Tanpa Kesalahan, Tepat waktu
3. Bagi Manajemen
Peningkatan Pendapatan, Loyalitas Pelanggan
Merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara electronic dalam arti luas.
2. ELECTRONIC COMMERCE (E-Commerce)
Merupakan Lingkup Perdagangan yang dilakukan secara Electronic, dimana didalamya termasuk:
• Perdagangan via Internet (Internet Commerce)
• Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)
Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara electronic ( Electronic Data Interchange / EDI
Kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi melibatkan insitusi lainnya sebagai pihak yang menangani membayaran.
Keuntungan E-commerce
1. Bagi KonsumenHarga Lebih Murah, Belanja pada cukup satu Tempat
2. Bagi Pengelola Bisnis
Efisiensi, Tanpa Kesalahan, Tepat waktu
3. Bagi Manajemen
Peningkatan Pendapatan, Loyalitas Pelanggan
Ruang Lingkup E-Commerce
1. ELECTRONIC BUSINESS (E-business)Merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara electronic dalam arti luas.
2. ELECTRONIC COMMERCE (E-Commerce)
Merupakan Lingkup Perdagangan yang dilakukan secara Electronic, dimana didalamya termasuk:
• Perdagangan via Internet (Internet Commerce)
• Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)
Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara electronic ( Electronic Data Interchange / EDI
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar