Arsip Blog

Pengertian Akuntansi Keuangan


Akutansi , saya yakin setiap orang pasti pernah mendengar istilah tersebut. namun apa yang dimaksud akutansi keuangan??? berikut penjelasannya



sebelum membahas tentang akuntansi keuangan kita harus tahu terlebih dahulu tentang akuntansi.


akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis". Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.


Lalu apa itu akutansi Keuangan??


Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatuperusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. 


Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham. Hal penting dari akuntansi keuangan adalah adanya Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang merupakan aturan-aturan yang harus digunakan di dalam pengukuran dan penyajian laporan keuangan untuk kepentingan eksternal. Dengan demikian, diharapkan pemakai dan penyusun laporan keuangan dapat berkomunikasi melalui laporan keuangan ini, sebab mereka menggunakan acuan yang sama yaitu SAK. SAK ini mulai diterapkan diIndonesia pada 1994, menggantikan Prinsip-prinsi Akuntansi Indonesia tahun 1984.

sekian artikel tentang Pengertian akuntansi keuangan , semoga bermanfaat



Bagikan :




7 komentar:

Unknown mengatakan...

tq gan infonya

Milah mengatakan...

Terimakasih gan, Saya jadi Sedikit tau tentang Akutansi.
Salam Syahril

ilham mengatakan...

oke sama2 gan

Raynaldi mengatakan...

Wah Infonya bagus thanks sudah share

Sam mengatakan...

Ooh, ini toh yang dimaksud dengan akuntansi. Info yang bagus gan. Jadi lebih tahu mengenai akuntansi. dan yang bener akuntansi ato akutansi yah? sering bingung :/

Kesehatan dan Kecantikan mengatakan...

wah sekarang saya jadi makin tau dan faham tentang akuntansi, bermanfaat gan (y)

ilham mengatakan...

@samara menurut kamus kbbi sih namanya akuntansi gan haha

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI