Seperti yang kita tahu dunia ekonomi tidak lepas dari hitung-hitungan , yang berarti menggunakan banyak rumus dasar dari matematika. salah satu software yang paling sering digunakan dalam dunia ekonomi adalah microsoft excel. untuk mengenal microsoft excel berikut perintah-perintah dasar yang terdapat pada Microsoft excel
Untuk menjalankan program Excel ini dapat kita mulai dengan hanya meng-klik menu Start yang kemudian dilanjutkan dengan memilih Program, lalu pilih Microsoft Excel dan siaplah kita untuk memulai program ini. Setelah mendapatkan tampilan maka kita akan mulai dengan membahas beberapa kegunaan pada menu bar
- Menyiapkan WorkBook
Jika pada saat memulai Excel
tersebut kita mendapatkan halaman kosong tanpa lembar kerja, ataupun kita ingin
mendapatkan workbook baru maka kita yang harus kita lakukan adalah :
o
Klik menu File,
kemudian klik New
o
Disebelah kanan akan terlihat Task Pane, dan klik Blank Workbook
Atau dapat
juga dengan hanya melakukan klik pada ikon New
yang berada pada pojok kiri toolbar.
- Membuka
File : Klik menu File,
kemudian klik Open
Atau dapat
juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Open
yang berada pada nomor dua dari sebelah kiri toolbar.
- Menyimpan
File : Klik menu File,
kemudian klik Save
Atau dapat
juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Save
yang bertanda disket.
Menyimpan File dengan nama berbeda : Klik
menu File, kemudian klik Save As
- Setting
Kertas dan Tampilan : Klik menu File,
kemudian klik Page Setup
o
Page : Berisikan tentang setting kertas
(Portrait/Landscape), besar tulisan dalam prosen (Adjust to), ukuran/jenis
kertas (Paper Size).
o
Margins
: Berisikan tentang pengaturan rata kiri, kanan, atas dan
bawah, Header dan Footer, serta pengaturan center pada halaman (Center on
Page).
o
Header/Footer : Berisikan tentang pemberian nama
pada Header dan atau Footer (custom) yang dapat juga digunakan untuk pemberian
halaman
o
Sheet
: Berisikan tentang
bagian yang harus ada atau diulang pada setiap page (nomor dan atau judul),
pengaturan print halaman (kebawah atau kesamping).
- Melihat
Hasil Kerja : Klik menu File,
kemudian klik Print Preview
Atau dapat
juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Print
Preview yang berada pada nomor delapan dari sebelah kiri toolbar.
f. Print : Klik
menu File, kemudian klik Print (Ctrl + P).
Disini Anda
akan dapat memilih jenis printer, halaman berapa atau bagian, serta berapa
lembar apa yang ingin Anda print. Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik
pada ikon Print yang berada pada
nomor tujuh dari sebelah kiri toolbar jika Anda ingin dan yakin semua data akan
di-print.
- Memindahkan
data : Klik menu Edit,
kemudian klik Cut (Ctrl + X).
Atau
dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Cut yang bertandagunting.
- MenCopy dan Menampilkannya : Klik menu Edit, kemudian klik Copy (Ctrl + C) atau klik ikon Copy (berada pada sebelah kanan ikon Cut), kemudian ditampilkan dengan cara Klik menu Edit, kemudian klik Paste (Ctrl + V) atau klik ikon Paste (berada pada sebelah kanan ikon Copy).
- Mencari Data : Klik menu Edit, kemudian klik Find (Ctrl + F)
- Berpindah Halaman : Klik menu Edit, kemudian klik Go To (Ctrl + G)
- Mengurutkan Data : Klik menu Data, kemudian klik Sort
Dilakukan
apabila kita ingin mengurutkan data dengan beberapa kategori tertentu, namun
apabila kita hanya mengurutkan tanpa kategori-kategori tertentu maka dapat
dilakukan klik pada ikon Sort
(Ascending/Descending) yang berada pada sebelah kanan ikon Sum (Σ).
- Menyembunyikan
dan Menampilkan Baris dan atau Kolom :
Klik menu Window, kemudian klik Hide (menyembunyikan), dan Klik menu Window, kemudian klik Unhide (menampilkan).
- Tetap
Menampilkan Baris dan atau Kolom Tertentu :
Klik menu Window, kemudian klik Freeze Panes, dan jika ingin
mengembalikan seperti semula klik menu Window,
kemudian klik Unfreeze Panes.
Dalam menggunakan media Excel untuk melakukan segenap proses Audit selain
cara diatas kita juga dapat menggunakan Klik
Kanan pada pointer mouse kita.
- Penggunaan
Cut, Copy, Paste sudah kita
bahas diatas, poin g dan h.
- Paste Special sudah sedikit kita bahas
diatas, perbedaan dengan menggunakan Paste biasa adalah jika kita
menggunakan Paste pada beberapa versi Excel dan teks yang di copy
mempunyai format tertentu maka yang di tampilkan adalah teks tanpa
format.
o
All,
dipilih jika kita ingin menampilkan seluruh teks yang telah dicopy sebelumnya
termasuk dengan format, rumus, ataupun komentar
o
Formulas,
dipilih jika kita hanya ingin menampilkan rumus yang ada pada sel yang telah
dicopy sebelumnya
o
Values,
dipilih jika kita hanya ingin menampilkan angka yang ada pada sel yang telah
dicopy sebelumnya.
o
Formats,
dipilih jika kita hanya ingin menampilkan format yang ada pada sel yang telah
dicopy sebelumnya.
o
Comments,
dipilih jika kita hanya ingin menampilkan Comments yang ada pada sel yang telah
dicopy sebelumnya.
- Insert
dan Delete, Insert kita gunakan jika kita ingin menambahkan
atau menyisipkan baris atau kolom dan juga menghilangkannya.
- Insert
Comment, dipilih jika kita ingin memberikan catatan pada
suatu acount atau teks. Jika fasilitas ini kita pilih maka pada kolom
tersebut akan muncul option Edit
Comment (untuk merubah) dan Delete
Comment (untuk menghapus).
- Format
Cells, dipilih jika kita ingin memberikan format/setting
pada cell;
o
Number,
digunakan untuk melakukan setting pada tanggal, angka, mata uang, persentase,
waktu dan lain-lain.
o
Alignment,
digunakan untuk melakukan setting pada text :
§ Text Alignment;
·
Horizontal,
.....................
·
Vertical,
..........................
·
Wrap
Text, ....................
·
Shrink
to Fit, .................
·
Merge
Cells, ..................
·
Degrees,
.........................
o
Font,
mengatur besar/kecil huruf, model huruf, cetak tebal, miring dan atau garis
bawah.
o
Border,
mengatur pembuatan garis pada table.
Bagikan :
11 komentar:
terimakasih ni gan tutornya, soalnya ane kagak trllu faham dgn ms.excel
oke gan, semoga dapt membantu agan
Meski sudah bertahun-tahun bergelut memakai software excell, namun dalam penggunaan rumus matematika yang saya bisa hanya sum, average itu saja. Kalau seperti fungsi if dll, angkat tangan Mas :)
haha yang paling utama sih itu , tapi bisa bnyak menghemat waktu gan klo bljar yang fungsi if dll
jadi ingat pelajaran SMP :)
Agak rumit :(
excel itu susah-susah gampang gan, thanks
gampang-gampang susah gan
gan..kalau perintah di microsoft word apa gan?
bnyak gan ntar ane share
Bikin Aplikasi lewat Excel gmna ?
Posting Komentar