Arsip Blog

Perintah dasar di Microsoft Excel

       
 Seperti yang kita tahu dunia ekonomi tidak lepas dari hitung-hitungan , yang berarti menggunakan banyak rumus dasar dari matematika. salah satu software yang paling sering digunakan dalam dunia ekonomi adalah microsoft excel. untuk mengenal microsoft excel berikut perintah-perintah dasar yang terdapat pada Microsoft excel

        Untuk menjalankan program Excel ini dapat kita mulai dengan hanya meng-klik menu Start yang kemudian dilanjutkan dengan memilih Program, lalu pilih Microsoft Excel dan siaplah kita untuk memulai program ini. Setelah mendapatkan tampilan maka kita akan mulai dengan membahas beberapa kegunaan pada menu bar


  1. Menyiapkan WorkBook
Jika pada saat memulai Excel tersebut kita mendapatkan halaman kosong tanpa lembar kerja, ataupun kita ingin mendapatkan workbook baru maka kita yang harus kita lakukan adalah :
o Klik menu File, kemudian klik New
o Disebelah kanan akan terlihat Task Pane, dan klik Blank Workbook
Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon New yang berada pada pojok kiri toolbar.

  1. Membuka File : Klik menu File, kemudian klik Open
Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Open yang berada pada nomor dua dari sebelah kiri toolbar.

  1. Menyimpan File : Klik menu File, kemudian klik Save
Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Save yang bertanda disket.
Menyimpan File dengan nama berbeda : Klik menu File, kemudian klik Save As

  1. Setting Kertas dan Tampilan : Klik menu File, kemudian klik Page Setup
o   Page : Berisikan tentang setting kertas (Portrait/Landscape), besar tulisan dalam prosen (Adjust to), ukuran/jenis kertas (Paper Size).
o   Margins : Berisikan tentang pengaturan rata kiri, kanan, atas dan bawah, Header dan Footer, serta pengaturan center pada halaman (Center on Page).
o   Header/Footer : Berisikan tentang pemberian nama pada Header dan atau Footer (custom) yang dapat juga digunakan untuk pemberian halaman
o   Sheet :  Berisikan tentang bagian yang harus ada atau diulang pada setiap page (nomor dan atau judul), pengaturan print halaman (kebawah atau kesamping).

  1. Melihat Hasil Kerja : Klik menu File, kemudian klik Print Preview
Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Print Preview yang berada pada nomor delapan dari sebelah kiri toolbar.

f.   Print : Klik menu File, kemudian klik Print (Ctrl + P).
Disini Anda akan dapat memilih jenis printer, halaman berapa atau bagian, serta berapa lembar apa yang ingin Anda print. Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Print yang berada pada nomor tujuh dari sebelah kiri toolbar jika Anda ingin dan yakin semua data akan di-print.

  1. Memindahkan data : Klik menu Edit, kemudian klik Cut (Ctrl + X).
Atau dapat juga dengan hanya melakukan klik pada ikon Cut yang bertandagunting.

  1. MenCopy dan Menampilkannya : Klik menu Edit, kemudian klik Copy (Ctrl + C) atau klik ikon Copy (berada pada sebelah kanan ikon Cut), kemudian ditampilkan dengan cara Klik menu Edit, kemudian klik Paste (Ctrl + V) atau klik ikon Paste (berada pada sebelah kanan ikon Copy).
  2. Mencari Data :  Klik menu Edit, kemudian klik Find (Ctrl + F)
  3. Berpindah Halaman : Klik menu Edit, kemudian klik Go To (Ctrl + G)
  4. Mengurutkan Data : Klik menu Data, kemudian klik Sort
Dilakukan apabila kita ingin mengurutkan data dengan beberapa kategori tertentu, namun apabila kita hanya mengurutkan tanpa kategori-kategori tertentu maka dapat dilakukan klik pada ikon Sort (Ascending/Descending) yang berada pada sebelah kanan ikon Sum (Σ).

  1. Menyembunyikan dan Menampilkan Baris dan atau Kolom :
Klik menu Window, kemudian klik Hide (menyembunyikan), dan Klik menu Window, kemudian klik Unhide (menampilkan).

  1. Tetap Menampilkan Baris dan atau Kolom Tertentu :
Klik menu Window, kemudian klik Freeze Panes, dan jika ingin mengembalikan seperti semula klik menu Window, kemudian klik Unfreeze Panes.

Dalam menggunakan media Excel untuk melakukan segenap proses Audit selain cara diatas kita juga dapat menggunakan Klik Kanan pada pointer mouse kita.

  1. Penggunaan Cut, Copy, Paste sudah kita bahas diatas, poin g dan h.

  2. Paste Special sudah sedikit kita bahas diatas, perbedaan dengan menggunakan Paste biasa adalah jika kita menggunakan Paste pada beberapa versi Excel dan teks yang di copy mempunyai format tertentu maka yang di tampilkan adalah teks tanpa format. 
o   All, dipilih jika kita ingin menampilkan seluruh teks yang telah dicopy sebelumnya termasuk dengan format, rumus, ataupun komentar
o   Formulas, dipilih jika kita hanya ingin menampilkan rumus yang ada pada sel yang telah dicopy sebelumnya
o   Values, dipilih jika kita hanya ingin menampilkan angka yang ada pada sel yang telah dicopy sebelumnya.
o   Formats, dipilih jika kita hanya ingin menampilkan format yang ada pada sel yang telah dicopy sebelumnya.
o   Comments, dipilih jika kita hanya ingin menampilkan Comments yang ada pada sel yang telah dicopy sebelumnya.

  1. Insert dan Delete, Insert kita gunakan jika kita ingin menambahkan atau menyisipkan baris atau kolom dan juga menghilangkannya.
  2. Insert Comment, dipilih jika kita ingin memberikan catatan pada suatu acount atau teks. Jika fasilitas ini kita pilih maka pada kolom tersebut akan muncul option Edit Comment (untuk merubah) dan Delete Comment (untuk menghapus).
  3. Format Cells, dipilih jika kita ingin memberikan format/setting pada cell;
o   Number, digunakan untuk melakukan setting pada tanggal, angka, mata uang, persentase, waktu dan lain-lain.
o   Alignment, digunakan untuk melakukan setting pada text :
§  Text Alignment;
·         Horizontal, .....................
·         Vertical, ..........................
·         Wrap Text, ....................
·         Shrink to Fit, .................
·         Merge Cells, ..................
·         Degrees, .........................
o   Font, mengatur besar/kecil huruf, model huruf, cetak tebal, miring dan atau garis bawah.


o   Border, mengatur pembuatan garis pada table.


Bagikan :




11 komentar:

Mahasiswa Premium mengatakan...

terimakasih ni gan tutornya, soalnya ane kagak trllu faham dgn ms.excel

ilham mengatakan...

oke gan, semoga dapt membantu agan

belajar percakapan bahasa inggris mengatakan...

Meski sudah bertahun-tahun bergelut memakai software excell, namun dalam penggunaan rumus matematika yang saya bisa hanya sum, average itu saja. Kalau seperti fungsi if dll, angkat tangan Mas :)

ilham mengatakan...

haha yang paling utama sih itu , tapi bisa bnyak menghemat waktu gan klo bljar yang fungsi if dll

mekanik komputer mengatakan...

jadi ingat pelajaran SMP :)

CRONOSAL mengatakan...

Agak rumit :(

Udhy mengatakan...

excel itu susah-susah gampang gan, thanks

ilham mengatakan...

gampang-gampang susah gan

Jansen mengatakan...

gan..kalau perintah di microsoft word apa gan?

ilham mengatakan...

bnyak gan ntar ane share

Download Game Software Full Version mengatakan...

Bikin Aplikasi lewat Excel gmna ?

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI