Arsip Blog

Biaya Transaksi melalui Pialang Saham


Bagi investor yang ingin membeli atau menjual wahana investasi, sulit bahkan tidak mungkin mendapatkan sendiri partner transaksi yang cocok untuk melakukan tawar-menawar. Daripada melalui kesulitan negosiasi langsung, investor umumnya melakukan transaksi melalui broker atau dealer. Struktur dan besarnya biaya transaksi mempengaruhi hasil investasi karena itu perlu dipertimbangkan dalam membuat keputusan investasi.
Broker diperkenalkan untuk mengenakan komisi sebagai balas jasa dalam melaksanakan transaksi. Pada dasarnya terdapat 2 jenis komisi, yaitu :
  1. Tarif komisi tetap (fixed commission schedules) yang berlaku untuk transaksi-transaksi kecil yang sering dilakukan oleh investor individual
  2. Komisi yang dirundingkan (negotiated commission) untuk transaksi-transaksi besar institusional.

Dengan demikian perusahaan pialang saling bersaing baik atas dasar pelayanan maupun biaya transaksi.



Saham
Komisi atas transaksi saham didasarkan atas table tarif. Komisi atas kelipatan round-lot umumnya lebih rendah (rata-rata per-saham) daripada transaksi round-lot tunggal. Komisi atas odd-lot lebih tinggi (per-saham) daripada transaksi round-lot yang sama.

Contohnya:


Brokerage fee di Amerika Serikat per-maret 1983
NILAI TRANSAKSI
Fee untuk Odd-lot atau 100 saham

Di bawah $800
$800 - $2.500
$2.500 - $5.000
Di atas $5.000


$    8,43  +  2,70%  nilai transaksi
$  16,85  +  1,70%  nilai transaksi
$  29,50  +  1,30%  nilai transaksi
$  94, 50 

Disamping itu, transaksi odd-lot menambah differential fee 12,5 sen per-saham atas saham dengan harga kurang dari $ 40 dan 25 sen per-saham atas saham diatas $ 40
Jadi dalam pembelian 60 saham dengan harga $ 30 per-saham yang mempunyai nilai transaksi $ 1.800, perhitungan brokerage fee nya menjadi sbb:

Fee dasar:
    $ 16,85 + 1,7 % ($1..800)   =  $ 16,85 + Rp. 30,60        =          $   47,45
Fee differential 12,5 sen X 60 saham:                              =                 7,50   +
                                                      Jumlah Komisi             =          $   54,95




Obligasi
Komisi broker untuk transaksi obligasi biasanya bervariasi berdasarkan atas jumlah dan nilai obligasi. Perusahaan pialang biasanya menentukan fee minimum tanpa memandang jumlah obligasi dalam transaksi.

Contoh:   
Di Amerika Serikat, komisi bervariasi antara $ 2,50 - $ 30 per obligasi untuk obligasi perusahaan $ 1.000. Minimum fee $ 25 - $ 30 dan diatasnya antara $ 5 - $ 10 per obligasi.

Biaya transaksi obligasi lebih rendah dari komisi transaksi saham. Discount broker mengenakan antara $ 2 - $ 5 per obligasi dengan minimum $ 25.

Option
Fee broker untuk right dan warrant sama dengan tariff untuk saham. Fee didasarkan atas harga pasar dari efek pada saat transaksi dilakukan. Fee untuk put and call tergantung dari jumlah dan nilai dari kontrak option.
Contoh:
Di Amerika Serikat, kontrak bernilai antara $ 100 dan $ 800, dikenakan fee $ 25, fee untuk kontrak $2.000 adalah $ 44. Discount broker mengenakan komisi yang lebih rendah dari broker biasa.


Perdagangan Berjangka
Biaya transaksi untuk perdagangan  komoditi berjangka (future trading) tergantung dari nilai kontrak, yaitu besarnya (kuantitas) kontrak kali harga dari komoditi, valuta atau instrumen finansial yang bersangkutan. Discount broker mengenakan fee lebih rendah (bisa separuh atau kurang) dari commodity broker.

Mutual Fund
Biaya transaksi untuk mutual fund umumnya merupakan persentase dari harga saham. Dalam hal ini, dapat dibedakan antara saham dari mutual fund yang dapat dibeli langsung dan tidak memerlukan fee broker, dikenal sebagai no load fund, dan saham yang tidak dibeli langsung dan memerlukan komisi, dikenal sebagai load fund.

Real Estate

Pembelian real estate bisa dilakukan oleh investor secara langsung, sehingga tidak perlu membayar komisi. Dalam hal penjualan real estate melalui real estate broker atau agent, maka penjual harus membayar tariff sebagai persentase dari harga jual, misalnya 3 %. Bila investor membeli sebagian dalam sebuah properti atau dalam kelompok properti, biaya penjualan (missal 5%) dimasukkan dalam harga pembelian.


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI