Arsip Blog

Pengertian investasi dan Jenis investasi


Berbagai definisi telah diberikan oleh para ahli, diantaranya oleh William F. Sharpe & Gordon J. Alexander dalam bukunya : “Investments” menyatakan bahwa investasi berarti pengorbanan nilai saat ini yang pasti untuk nilai mendatang yang mungkin tidak pasti. Menurut Charles P.Jones dalam bukunya : ”Investments, Analysis and Management” menulis bahwa suatu investasi dapat didefinisikan sebagai komitmen dana pada satu atau beberapa asset yang akan dipegang selama beberapa waktu mendatang.

Pada umumnya diakui bahwa investasi meliputi investasi finansial seperti saham dan obligasi dan investasi riil seperti real estate dan pabrik.


Pengertian Investasi.
Investasi adalah setiap wahana di mana dana ditempatkan dengan harapan dapat memelihara atau menaikkan nilai dan atau memberikan hasil (return) yang positif. Berbagai jenis investasi dapat dibedakan berdasarkan atas beberapa faktor, seperti :  apakah investasi itu berupa surat berharga atau kekayaan; langsung atau tidak langsung; hutang, penyertaan, atau opsi; resiko rendah atau tinggi; dan jangka pendek atau jangka panjang.

Surat Berharga atau Kekayaan
·   Surat berharga (securities) adalah investasi yang menunjukkan bukti hutang, kepemilikan suatu usaha, atau hak legal untuk memperoleh atau menjual kepemilikan suatu usaha. Jenis surat berharga yang paling umum adalah obligasi (bond), saham (stock) dan opsi (options).
·   Kekayaan (property) adalah investasi dalam kekayaan riil atau kekayaan pribadi yang tampak. Kekayaan riil (real property) adalah tanah, bangunan dan yang secara permanen melekat pada tanah. Kekayaan pribadi yang tampak (tangible personal property) termasuk benda-benda seperti emas, barang antik dan barang seni.

Langsung atau tidak Langsung.
·      Investasi langsung adalah investasi di mana investor langsung memperoleh hak atas surat berharga atau kekayaan. Contoh: pembelian saham, obligasi, sejumlah kekayaan riil atau mata uang langka dengan maksud untuk memelihara nilai atau memperoleh penghasilan.
·      Investasi tidak langsung adalah investasi yang dilakukan dalam suatu portofolio (paket) atau kelompok surat berharga atau kekayaan. Contoh: pembelian saham dari dana bersama (mutual fund) yaitu portofolio surat berharga yang dikeluarkan oleh berbagai perusahaan, sehingga investor memiliki hak atas sebagian portofolio dan bukannya saham dari suatu perusahaan tertentu.

Hutang, Penyertaan atau Opsi.
·   Hutang (debt) merupakan dana yang dipinjamkan untuk memperoleh penghasilan bunga dan janji pembayaran kembali pinjaman pada suatu waktu tertentu di masa depan. Bila investor membeli instrument hutang seperti obligasi, ia meminjamkan uang kepada pihak yang mengeluarkan obligasi yang berjanji membayar tingkat bunga tertentu selama jangka waktu tertentu, dan pada akhirnya jumlah pokoknya akan dikembalikan.
·   Penyertaan (equity) merupakan pemilikan pada suatu usaha atau kekayaan. Investasi penyertaan ditunjukkan dengan surat berharga atau hak atas kekayaan. Investor pada umumnya mendapat penyertaan dalam suatu usaha dengan membeli surat berharga yang disebut saham.
·   Opsi (options) merupakan surat berharga yang memberikan kesempatan untuk membeli surat berharga atau kekayaan lain dengan harga tertentu selama jangka waktu tertentu. Contohnya: investor membeli opsi Rp. 1 juta untuk membeli surat hutang dari PT. A  seharga Rp. 60 juta sampai 31 Desember 1995. Jika surat hutang itu saat ini dinilai Rp. 48 juta, maka investor tidak akan melakukan opsi itu.

Resiko Rendah atau Tinggi.
·   Resiko adalah kemungkinan bahwa nilai atau hasil dari investasi akan berbeda dari nilai yang diharapkan atau kemungkinan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Resiko (risk) dan hasil (return) senantiasa berkaitan erat, dalam arti bahwa makin tinggi resiko investasi makin besar fluktuasi kemungkinan hasil yang bisa terjadi.
·   Investasi resiko rendah adalah investasi yang dianggap aman relative terhadap dana yang ditanamkan dan hasil yang akan diterima. Investasi resiko tinggi sering dianggap spekulatif. Dalam hal ini, investasi dan spekulasi dipakai untuk menunjukkan pendekatan yang berbeda terhadap proses investasi.

≈ Investasi dipandang sebagai proses pembelian surat berharga atau kekayaan di mana stabilitas nilai dan tingkat hasilnya dapat diperkirakan.

≈ Spekulasi adalah proses pembelian wahana yang sama, di mana nilai dan hasilnya sangat tidak pasti atau dengan kata lain merupakan proses investasi resiko tinggi.
           
Jangka Pendek atau Jangka Panjang.
Investasi jangka pendek adalah investasi yang waktunya 1 tahun atau kurang. Investasi jangka panjang adalah investasi dengan jatuh tempo lebih panjang atau tidak mengenal jatuh tempo. Contoh: sertifikat deposito 6 bulan merupakan investasi jangka pendek, sedangkan obligasi 20 tahun adalah investasi jangka panjang.

Namun demikian dapat terjadi bahwa obligasi jangka panjang dijual dalam jangka pendek atau depostio berjangka 1 tahun di perpanjang otomatis (automatic roll-over) setiap jatuh tempo.


Bagikan :




1 komentar:

Renaldi mengatakan...

Mau investasi apartemen dan nyaman untuk di jadikan tempat tinggal di daerah pusat kota jakarta? Ya green pramuka city lah solusinya! Baca artikel reviewnya Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota di http://renseo.blogspot.com/2016/06/Green-Pramuka-City-Hunian-Strategis-dan-Nyaman-di-Pusat-Kota.html

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI