MYOB menyediakan fasilitas
transaksi yang berhubungan dengan bidang perbankan, baik untuk keperluan
pembayaran, penerimaan, maupun manajemen keuangan lainnya.
•
Spend
Money. Spend Money diartikan sebagai transaksi yang bersifat mengeluarkan
uang untuk keperluan usaha. Transaksi yang dicatat dalam menu ini seperti
membeli perlengkapan (ATK), membayar biaya, mengeluarkan cek dari bank untuk
keperluan intern maupun ekstern. Bisa disimpulkan Spend Money adalah
pengeluaran uang selain untuk membayar hutang dagang. Jika untuk membayar
hutang dagang maka akan dicatat di menu Purcahse-Pay Bills.
•
Print
Cheque. Anda dapat membuat voucher pengeluaran dengan menu ini, atau dapat
mencetak secara langsung dari komputer.
•
Receive
Money. Receive Money adalah kebalikan daripada Spend Money. Menu ini
digunakan untuk mencatat jenis transaksi penerimaan kas/bank selain dari
customer, seperti penerimaan pinjaman uang, pendapatan bunga dari bank,
pengembalian pinjaman dari karyawan, penjualan aktiva selain inventory dan
lainnya.
•
Prepare
Bank Deposit. Menu ini adalah proses pencairan cek dan giro yang diterima
dari customer atau card yang lainnya.
•
Bank
Register. Bank Register hampir sama dengan General Ledger. Perbedaan yang
ditampilkan hanyalah account list dengan type Detail Cheque Account. Di dalam
bank register Anda dapat melihat mutasi setiap bank sekaligus Anda juga langsung
dapat memasukkan transaksi lewat menu tersebut.
Jika selama ini dibahas adalah selalu memasukkan
transaksi dari modul masing-masing, hal itu dapat dilakukan lewat satu menu
yaitu Bank Register ini. Anda dapat langsung melakukan proses Spend Money,
Receive Money, Enter Sales, Receive Payment, Enter Purchase dan Pay Bill.
•
Reconcile
Account. Reconcile Account berfungsi seperti kita melakukan rekonsiliasi
bank secara manual.
Report Banking.
Segala transaksi yang Anda catat dari menu banking ini dapat dilihat pada
laporan Banking.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar