Budget biaya
penjualan (Selling Expenses Budget) ialah budget yang merencanakan secara lebih
terperinci tentang biaya-biaya yang terjadi serta terdapat di dalam lingkungan
bagian penjualan, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan
kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bagian penjualan, yang di dalamnya
meliputi rencana tentang jenis biaya penjualan, jumlah biaya penjualan dan
waktu biaya penjualan tersebut terjadi dan dibebankan, yang masing-masing
dikaitkan dengan tempat (departemen) dimana biaya penjualan tersebut terjadi.
Beberapa bagian
(departemen) yang biasanya dipergunakan oleh perusahaan, antara lain:
1.
Bagian promosi
Yang menangani urusan kegiatan
promosi, baik dengan periklanan (advertising), promosi penjualan (sales
promotion), kontak penjualan pribadi (personal selling) maupun dengan
publisitas (publicity). Pembuatan iklan di perusahaan kecil sering ditangani
oleh orang di departemen pemasaran atau penjualan yang bekerjasama dengan biro
iklan, sedangkan perusahaan besar sering membentuk departemen periklanannya
sendiri. (M.Suyanto,2005).
2.
Bagian transaksi
Yang
menangani urusan transaksi dengan para pembeli atau pelanggan.
3.
Bagian Ekspedisi (transportasi)
Yang menanggani urusan pengiriman
barang-barang yang terjual ke tempat pembeli.
4.
Bagian Purna Jual
Yang menangani urusan pelayanan purna jual.
5.
Bagian Pengembangan dan Penelitian Pasar
Yang menangani urusan
penelitian-penelitian pasar, baik penelitian kualitatif maupun penelitian
kuantitatif, untuk kepentingan peningkatan penjualan.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar