Arsip Blog

Statistik Inferensia


Pada statistik inferensia, dilakukan berbagai analisis pada data yang mengarah ke pengambilan keputusan. Seperti apakah konsumen pria mempunyai perilaku yang berbeda dengan konsumen wanita, apakah promosi di kota Surabaya lebih efektif dibanding promosi di kota Yogyakarta dan sebagainya.

Tahapan statistik inferensia secara umum :
¨     Menentukan Ho dan Hi. Hal ini berkaitan dengan masalah penelitian, yang kemudian dirinci dalam berbagai hipotesis yang akan diuji.
¨     Menentukan statistik hitung dan statistik tabel. Untuk menguji hipotesis, pada umumnya kita akan membandingkan statistik hitung dengan statistik tabel, atau dapat juga dilihat pada tingkat signifikansinya.
¨     Mengambil keputusan sesuai dengan hasil (statistik hitung dan tabel) yang ada.

Pembagian statistik inferensia pada riset pemasaran :
¨     Uji Perbedaan
Di sini akan diuji apakah sebuah sampel mempunyai perbedaan yang nyata dengan sampel yang lain. Seperti, apakah jumlah pengunjung di kota Bandung dan Yogya berbeda secara nyata ataukah tidak? Apakah penjualan di sepuluh kota di jawa berbeda secara nyata ataukah tidak?
¨     Uji Asosiasi
Di sini akan diuji apakah dua variabel yang ada mempunyai hubungan ataukah tidak. Seperti , apakah jumlah Salesman (variabel 1) mempengaruhi Volume Penjualan (variabel 2) ataukah tidak? Apakah sikap konsumen dipengaruhi oleh usia dan pekerjaannya?
¨     Multivariate Analysis
Di sini jumlah variabel banyak dan tujuan pengujian adalah mencoba mengetahui struktur data yang ada pada variabel - variabel tersebut. Seperti, bagaimana segmen pasar sebuah supermarket yang ada di tengah kota? Faktor apa saja yang benar - benar mempengaruhi pemilihan sebuah bank oleh nasabah?

¨     NB : Perhatikan beda antara varibel dengan sampel, di mana sebuah variabel dapat terdiri atas beberapa sampel (grup). Seperti varibel Penjulan, yang dapat terdiri atas penjualan di Semarang, Jakarta, dan Bandung. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI