Arsip Blog

AYAT JURNAL PENYESUAIAN


Ayat jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan saldo-saldo akun dalam buku besar agar saldonya menunjukkan jumlah sesuai dengan per tanggal laporan keuangan, serta memisahkan penghasilan pendapatan dengan biaya dari suatu periode dengan periode yang lain. Jurnal penyesuaian dibuat setelah menyusun neraca saldo.

a)         Beban dibayar dimuka

Beban yang dibayar dimuka adalah biaya yang dibayar terlebih dahulu untuk periode yang melebihi periode akuntansi. Dengan demikian, biaya yang dibayar dimuka bukan merupakan beban seluruhnya pada periode tersebut, melainkan sebagai aktiva lancar. Pada akhir periode, barulah dihitung berapa besarnya biaya yang telah terpakai dan sisanya tetap merupakan aktiva lancar. Penyesuaian dibutuhkan pada akun beban dibayar dimuka untuk mencatat angka sebenarnya yang menjadi beban pada tahun berjalan. Beban dibayar dimuka misalnya sewa dibayar dimuka, asuransi dibayar dimuka dan iklan dibayar dimuka.

Ada 2 metode dalam pencatatan beban dibayar dimuka, yaitu :
          Metode harta
          Metode beban

b) Biaya yang masih harus dibayar

Biaya yang masih harus dibayar adalah suatu kewajiban yang sudah menjadi beban (seharusnya sudah dibayar), tetapi belum dibayar karena belum tiba saat pembayaran (jatuh tempo). Biaya yang masih harus dibayar berarti akan menimbulkan kewajiban atau utang perusahaan pada pihak lain yang membawa konsekuensi menambah utang dan beban perusahaan. Biaya yang masih harus dibayar dilaporkan dalam neraca sebagai utang lancar.

Cara membuat jurnal penyesuaiannya adalah dengan :
        Mendebit (D) akun biaya
        Mengkredit (K) akun biaya yang masih harus dibayar atau utang beban.
Contoh : PT. NUSANTARA dalam bulan Desember 2014 belum membayar gaji bulan Desember sebesar Rp. 2.000.000. Maka jurnal penyesuaiannya adalah :

c) Penyusutan aktiva tetap

Semua aktiva tetap kecuali tanah akan mengalami penurunan nilai ekonomis bersamaan dengan berlalunya waktu. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan nilai ekonomis adalah pemakaian. Sebagai contoh, kendaraan yang masih baru, tentu nilai ekonomisnya akan berbeda dengan kendaraan setelah satu atau dua tahun pemakaian. Penurunan nilai ekonomis bagi perusahaan merupakan biaya. Biaya sebagai akibat dari penurunan nilai ekonomis disebut biaya penyusutan atau depresiasi. Perhitungan biaya penyusutan dapat dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya adalah metode garis lurus (straight line method). Metode ini membebankan biaya penyusutan yang sama setiap tahunnya hingga masa manfaat aktiva tetap tersebut habis.

Rumus penyusutan dengan metode garis lurus :
Beban penyusutan = Harga Perolehan – Nilai Sisa Umur Ekonomis

Cara membuat jurnal penyesuaiannya adalah dengan :
        Mendebit (D) akun bebab penyusutan aktiva tetap
        Mengkredit (K) akun akumulasi penyusutan aktiva tetap

d) Perlengkapan

Jurnal penyesuaian dilakukan untuk menyesuaikan saldo perlengkapan yang ada di catatan akuntansi dengan nominal sebenarnya sesuai dengan inventarisasi fisik pada akhir periode. Jumlah perlengkapan (supplies) yang terdapat di Trial Balance adalah jumlah yang dimiliki perusahaan. Dengan mengetahui jumlah persediaan akhirnya, maka dapat diketahui perlengkapan yang terpakai.

e) Penyesuaian barang dagangan

Persediaan barang dagang dapat dicatat dengan metode perpetual dan periodik. Dalam pembahasan ini, akan dibahas dengan metode periodik. Jika menggunakan metode periodik, maka diperlukan penyesuaian pada akhir periode untuk dapat diketahui harga pokok penjualannya.
Cara membuat jurnal penyesuaiannya adalah :
Mengkredit saldo merchandise inventory (awal) ke akun income summary dan mendebit saldo merchandise inventory (akhir) ke akun income summary. Dengan begitu, saldo merchandise inventory (awal) menjadi 0 lalu muncul saldo merchandise inventory (akhir) sebagaimana nilai persediaan yang dilakukan berdasarkan inventarisasi fisik. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI