Arsip Blog

Sistem Pengendalian Intern (SPI) untuk Sistem Penerimaan Kas Lembaga Pendidikan LABALA


A. Struktur Organisasi
1.                  Bagian Marketing dan Akademik terpisah dengan Bagian Staff. Bagian Marketing dan Akademik bertugas untuk menerima calon siswa baru dan mengurusi pendaftaran siswa baru, sedangkan Bagian Staff bertugas menyetorkan uang ke bank dan membuat jurnal. 
2.                  Adanya kerangkapan pekerjaan pada Bagian Staff, sehingga diharuskan adanya pemisahan bagian menjadi Bagian Keuangan dan Bagian Akuntansi.
3.                  Sistem Penerimaan Kas pada lembaga pendidikan labala dilakukan oleh Bagian Marketing dan Akademik, dan Bagian Staff.

B. Sistem Otorisasi dan Prosedur Pencatatan
1.                  Penerimaan Kas diotorisasikan oleh Bagian Marketing dan Akademik dengan cara membubuhkan cap ”Lunas” pada faktur pembayaran.
2.                  Penyetoran uang ke Bank dilakukan oleh Bagian Staff. Menurut SPI yang seharusnya melakukan penyetoran uang ke Bank adalah Bagian Keuangan agar sesuai dengan fungsinya.
3.                  Pencatatan jurnal dilakukan oleh Bagian Staff. Menurut SPI pencatatan jurnal dilakukan oleh Bagian Akuntansi.

C.   Praktik yang Sehat
Jumlah Kas yang diterima dari penerimaan kas disetor seluruhnya ke bank pada periode yang telah ditentukan oleh lembaga pendidikan labala. Penyetoran kas yang di dapat dari penerimaan kas ke bank akan menjadikan jurnal kas perusahaan dapat diuji ketelitian dan keandalannya.

D.  Karyawan yang Mutunya Sesuai dengan Tanggung Jawab


Karyawan di lembaga pendidikan labala sudah sesuai ditempatkan di bagian yang sesuai dengan kemampuannya dan dapat bertanggung jawab atas pekerjaannya. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI