Arsip Blog

Submenu Operasional Tabungan


1.  Menu cash officer ( T01 )
Menu cash officer dipergunakan oleh user (staff bank) yang berjabatan cash officer atau yang sederajat. Dalam fungsinya sebagai cash officer (atau pejabat bank yang sederajat), dalam hal ini dia bertindak sebagai pihak yang menyutujui / approval terhadap suatu transaksi yang dimungkinkan karena batasan wewenang yang dimilikinya paling tinggi dibandingkan dengan pejabat lain yang akan diterangkan berikut ini. 
Adapun menu cash officer ini mencakup :
1.         Mengganti password
2.         Pemeliharaan Batasan Wewenang
3.         Blokir/ Aktif/ Tutup Rekening
4.         Pemeliharaan file cabang
5.         Update Persen Bunga
6.         Cek saldo
7.         Penyesuaian Saldo
8.         Membuat transaksi GL
9.         Cetak Transaksi GL per No. R/K
10.     Cetak Transaksi GL per Nota
11.     Posting Transaksi Otomatis ke GL

2.  Menu Head Teller ( T02 )

Menu head teller dipergunakan oleh user (staff bank) yang berjabatan sebagai Head Teller. Dalam hal ini dia bertindak sebagai pemeriksa/ checker terhadap segala transaksi yang dilakukan oleh para teller. Adapun menu head teller ini mencakup :
1.    Mengganti Password
2.    Informasi Nama & Alamat Nasabah
3.    Pemeliharaan File Nasabah
4.    Pemeliharaan Nomor Rekening
5.    Pemeliharan Tabel Kode Transaksi
6.    Pemeliharaan Fil % Tambahan Bunga
7.    Daftar Rekening Yang di Hold
8.    Menghapus Transaksi
9.    Mencetak Saldo Mundur
10.Reset Kliring
3.  Menu Teller (T03, T04, T05 dan T06)

 Menu Teller dipergunakan oleh user (staff bank) yang berjabatan Teller. Dalam hal ini dia bertindak sebagai pihak pembuat/ maker terhadap suatu transaksi.

Adapun menu teller ini mencakup :
1.    Mengganti Password
2.    Pembukaan Rekening
3.    Transaksi
4.    Informasi File Nasabah
5.    Informasi No. Rekening Terakhir
6.    Informasi Lengkap No. Rekening
7.    Informasi Transaksi No. Rekening

4.  Menu Rekening Khusus 

 Dalam menjalankan fungsinya sebagai bank, kadangkala bank memberikan suatu pelayanan khusus terhadap nasabah tertentu. Misalnya pelayanan untuk gagi karyawan dari suatu perusahaan. Untuk pelayanan khususini terdapat pada menu rekening khusus. Untuk praktikan dasar menu rekening khusus tidak diberikan karena menu tersebut akan diberikan kepada praktikan tingkat lanjut.

5.  Menu Akhir Hari (T07)

 Dalam sistem aplikasi khususnya dilingkungan Bank, proses akhir hari merupakan salah satu proses yang mutlak harus dijalankan dengan baik dan benar. Tujuan dari proses akhir hari adalah untuk proses perhitungan saldo yang disebabkan karena terjadinya transaksi pada hari yang bersangkutan. Setelah proses akhir hari, saldo hari ini harus sama dengan saldo hari sebelumnya ditambah transaksi hari ini atau transaksitransaksi yang efektif pada hari ini, misalnya transaksi back value (transaksi yang terjadi pada hari sebelum tanggal valuta). Pada menu akhir hari ini dapat dilakukan berbagai macam pencetakan seperti: daftar pembukaan dan penutupan rekening, daftar mutasi harian/ teller, daftar posisi saldo rekening daftar setoran/ tolakan kliring, rekapitulasi kode transaksi, daftar mutasi back value dan langkah terakhir pada menu akhir hari akalah proses akhir hari.

6.  Menu Akhir Bulan (T07)


 Proses ;akhir bulan bertujuan untuk menghitung bunga dari setiap rekening koran. Setelah proses akhir bulan ini maka saldo total pada bulan ini merupakan saldo awal untuk bulan berikutnya. Pada akhir bulan dilakukan perhitungan akhir bulan, pencetakan biaya administrasi, daftar bunga, kredit nota (bunga), debet nota (pph 23), debet nota (biaya adm), daftar kupon, daftar biaya materai < 1000, daftar sandi 07, salinan rekening dan proses akhir bulan. 


Bagikan :




2 komentar:

IQROZEN mengatakan...

Saya kurang paham masalah finance tapi cukup tertarik menguasai finance yang melimpah hehehe

Salam dari Pulau Dollar

ilham mengatakan...

wah saya juga masih terus belajar tentang finance

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI