Arsip Blog

Enkripsi Sistem Aplikasi Tabungan


Beberapa keungulan atau kelebihan dari sistem aplikasi tabungan yang ada dan berkembang pada saat ini antara lain adalah dengan penggunaan fasilitas menu. Fasilitas menu ini merupakan suatu sistem yang sangat membantu dan berguna bagi user, baik untuk kemudahan penggunaan sistem aplikasi maupun dalam memberi informasi yang cepat, jelas maupun tepat sesuai dengan kemajuan ilmu komputerisasi seta bagi kelancaran pelayanan kepada nasabah suatu bank.
 Untuk itu dalam sistem aplikasi tabungan ini juga dilampirkan suatu fasilitas menu aplikasi tabungan yang memberikan informasi bagi para praktikan mengenai apa saja yang dilakukan dalam sistem aplikasi ini. Untuk judul dari suatu menu atau sub menu (misal : Menu Cash Officer, Head Teller, Teller) tidak selalu menggambarkan user yang menggunakan menu atau sub menu tersebut. Namun dalam hal ini dapat terjadi overlapping, yang tergantung dari batasan wewenang yang diberikan. Jadi seorang Cash officer dapat masuk ke dalam sub menu teller dan sebaliknya seorang teller dapat masuk ke sub menu Cash officer. Informasi yang menjelaskan menu-menu terlampir adalah sebagai berikut :
1.  Menu Utama  
a.     Buka sistem
Langkah awal untuk menggunakan suatu aplikasi adalah Buka sistem. Yang pertama kali membuka sistem adalah Teller sebagai staff ID pertama dilanjutkan oleh kepala departemen sebagai staff ID kedua. Jika sistem aplikasi tidak dibuka maka aplikasi tersebut tidak dapat berjalan.
Tujuan dari pembukaan sistem adalah untuk menjaga keamanan masing-masing departemen, karena di sini akan diketahui tanggal proses terakhir, tanggal hari saat sistem dibuka dan tanggal proses selanjutnya. Jika tanggal-tanggal tersebut tidak sesuai berarti sistem pernah tidak ditutup, untuk itu perubahan tanggal sistem perlu dilakukan oleh bagian lain yang mempunyai wewenang untuk merupbah tanggal sistem. Namun biasanya hal ini jarang terjadi.
b.    Buka terminal
Fungsi ini dipergunakan untuk membuka terminal dari masing-masing petugas sesuai dengan staff ID dan autorisasinya (wewenangnya).
c.     Tutup sistem

Apabila semua kegiatan akhir hari atau akhir bulan telah selesai maka akan dilakukan tutup sistem. Untuk menutup sistem yang pertama kali menutup adalah kepala departemen karena sebelum sistem ditutup kepala departemen akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap transaksi yang terjadi pada hari tersebut. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI