Karena pelanggan
sangat berperan dalam atmosfer banyak jasa kontak tinggi, sebuah perusahaan
harus berupaya menarik juga mempertahankan pelanggan dari segmen pasar yang
paling sesuai. Manajer juga perlu memastikan bahwa calon pelanggan menyadari
pakaian dan perilaku yang pantas. Contohnya jika Anda menjalankan usaha
restoran untuk mahasiswa dengan pakaian santai, mungkin tidak bijaksana apabila
Anda mencoba menarik orang-orang setengah baya yang berpakaian bisnis.
Pada
satu sisi, hotel yang berhasil dalam membina langganan untuk pelaku bisnis yang
bepergian seharusnya mempertimbangkan bagaimana mereka akan bereaksi terhadap
kehadiran sekelompok besar turis dalam paket liburan di lobi atau ruang makan.
Pada sisi lain, beberapa usaha ritel, seperti kedai kopi, berupaya menarik
canpuran pelanggan yang berbeda-beda. Keanekaragaman ini menjadi bagian dari
kultur dan pekerjaan mereka sepanjang tingkah laku seseorang tidak menggangu
yang lain.
Basis pelanggan
yang seragam tidak selalu dimungkinkan atau bahkan diinginkan banyak perusahaan
jasa. Dua atau lebih segmen pasar yang berbeda mungkin masing-masing akan
sangat berperan penting dalam keberhasilan perusahaan, walaupun keduanya
mungkin tidak akan berbaur dengan baik. Idealnya segmen-segmen yang berpotensi
menimbukan konflik harus dipisahkan dari segi tempat dan waktu.
Contoh
pemisahan tempat meliputi pengaturan tepat duduk kabin penumpang pesawat kelas
utama, kelas bisnis, dan kelas ekonomi (berdasarkan berapa banyak yang bersedia
mereka bayar untuk jasa yang lebih tinggi); menempatkan peserta konvensi di
lantai hotel yang berbeda dari tamu yang lain; dan menyediakan pintu masuk dan
ruang transaksi yang berbeda bagi pelanggan bank yang mempunyai rekening besar
untuk memberikan privasi yang lebih besar. Pemisahan pelanggan menurut waktu
dapat dilakukan dengan penggunaan fasilitas jasa secara bergantian dan bukan
secara bersama-sama oleh pelanggan dari segmen yang berbeda. Dengan cara ini
tidak ada kelompok yang mengganggu kelompok lainnya.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar