Dua jenis
stimuli utama yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen adalah stimuli pemasaran
dan lingkungan. Kita akan mambatasi pembahasan pada stimuli pemasaran saja.
Stimuli
pemasaran adalah semua bentuk komunikasi atau stimuli fisik yang dimaksudkan
untuk mempengaruhi konsumen. Produk dan unsur-unsurnya, yaitu kemasan, isi,
ciri-ciri fisik produk merupakan stimuli primer (intrinsik), sedangkan stimuli
sekunder (ekstrinsik) adalah komunikasi yang dirancang untuk mempengaruhi
perilaku konsumen (baik dalam bentuk kata-kata, gambar maupun pencitraan).
1. Ciri-Ciri
Stimulus yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Ciri-ciri ini dapat
dikategorikan menjadi : a. Unsur Indrawi :
* Warna, * Rasa , * Raba.
* Bau,
* Bunyi, dan
b. Unsur
struktural
Sejumlah temuan telah diterbitkan
dalam beberapa penelitian tentang segmen struktural yang kemudian banyak
diterapkan dalam iklan cetak. Misalnya :
Ä Makin
besar ukuran iklan, makin besar kemungkinannya diperhatikan.
Ä
Posisi 10 halaman terdepan majalah atau bagian
atas halaman cetak lebih menarik perhatian.
Ä
Kontras, misalnya gambar produk dengan latar
belakang putih cenderung lebih menarik perhatian.
Ä Kebaruan
juga mampu menarik perhatian.
2. Karakteristik Konsumen yang Mempengaruhi
Persepsi
Dua karakteristik penting yang
turut mempengaruhi persepsi konsumen terhadap stimuli adalah kemampuan konsumen
membedakan stimuli dan kemampuan menggeneralisasi dari satu stimulus kepada
stimulus yang lainnya.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar