Arsip Blog

Stimuli Pemasaran dan Persepsi Konsumen


Dua jenis stimuli utama yang bisa mempengaruhi perilaku konsumen adalah stimuli pemasaran dan lingkungan. Kita akan mambatasi pembahasan pada stimuli pemasaran saja.
Stimuli pemasaran adalah semua bentuk komunikasi atau stimuli fisik yang dimaksudkan untuk mempengaruhi konsumen. Produk dan unsur-unsurnya, yaitu kemasan, isi, ciri-ciri fisik produk merupakan stimuli primer (intrinsik), sedangkan stimuli sekunder (ekstrinsik) adalah komunikasi yang dirancang untuk mempengaruhi perilaku konsumen (baik dalam bentuk kata-kata, gambar maupun pencitraan).

1. Ciri-Ciri Stimulus yang Mempengaruhi Persepsi Konsumen Ciri-ciri ini dapat dikategorikan menjadi : a. Unsur Indrawi :  
*    Warna,                *  Rasa ,                      *  Raba.
*    Bau,                                *  Bunyi, dan
b. Unsur struktural
Sejumlah temuan telah diterbitkan dalam beberapa penelitian tentang segmen struktural yang kemudian banyak diterapkan dalam iklan cetak. Misalnya :
Ä  Makin besar ukuran iklan, makin besar kemungkinannya diperhatikan.
Ä  Posisi 10 halaman terdepan majalah atau bagian atas halaman cetak lebih menarik perhatian.
Ä  Kontras, misalnya gambar produk dengan latar belakang putih cenderung lebih menarik perhatian.
Ä  Kebaruan juga mampu menarik perhatian.

2. Karakteristik Konsumen yang Mempengaruhi Persepsi


Dua karakteristik penting yang turut mempengaruhi persepsi konsumen terhadap stimuli adalah kemampuan konsumen membedakan stimuli dan kemampuan menggeneralisasi dari satu stimulus kepada stimulus yang lainnya. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI