Arsip Blog

Merancang pesan untuk Konsumen


1. Isi Pesan

Umumnya pada tahap ini manajemen mencarikan tema, appeal, gagasan atau tawaran penjualan yang khas (unique selling proposition). Tiga macam daya bujuk (appeal), yaitu:
a.       Appeal Rasional    : umumnya      langsung          menohok         pada    kepentingan konsumen.
b.      Appeal Emosional : lebih menggelitik emosi negative atau positif agar terjadi pembelian.
c.       Appeal Moral : daya bujuk moral lebih ditujukan pada apa yang menurut audiens benar dan pantas. Kerap dipakai untuk mengingatkan masyarakat untuk mendukung gerakan sosial.

2. Struktur Pesan

Selain bertumpu pada isi pesan, efektifitas komunikasi juga dipengaruhi oleh strukturnya. Komunikator sering kali menyodorkan kesimpulan bagi audiens dari pada mereka mengambil kesimpulan sendiri. Namun penelitian membuktikan bahwa iklan yang baik justru yang mengajukan pertanyaan (Mana Lagi Selain di McD?)

3. Format Pesan

            Iklan Cetak tentukan judul, teks iklan, ilustrasi dan warna
            Iklan di radio  Pilihlah kata-kata, kualitas suara dan vokalisasinya.

4. Stealth Marketing 

Yang dimaksud dengan stealth marketing atau pemasaran anti radar yaitu dimana konsumen dibuat tidak sadar sama sekali bahwa ia telah diperdaya pemasaran. Konsep pemasaran anti radar biasanya menggunakan cara komunikasi getok tular.

Selain murah biayanya strategi ini juga dianggap lebih tajam dan efektif. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI