1. Isi Pesan
Umumnya pada tahap ini manajemen
mencarikan tema, appeal, gagasan atau tawaran penjualan yang khas (unique
selling proposition). Tiga macam daya bujuk (appeal), yaitu:
a.
Appeal Rasional :
umumnya langsung menohok pada kepentingan
konsumen.
b.
Appeal Emosional : lebih menggelitik emosi negative
atau positif agar terjadi pembelian.
c.
Appeal Moral : daya bujuk moral lebih ditujukan pada
apa yang menurut audiens benar dan pantas. Kerap dipakai untuk mengingatkan
masyarakat untuk mendukung gerakan sosial.
2. Struktur Pesan
Selain bertumpu pada isi pesan,
efektifitas komunikasi juga dipengaruhi oleh strukturnya. Komunikator sering
kali menyodorkan kesimpulan bagi audiens dari pada mereka mengambil kesimpulan
sendiri. Namun penelitian membuktikan bahwa iklan yang baik justru yang
mengajukan pertanyaan (Mana Lagi Selain di McD?)
3. Format Pesan
Iklan
Cetak tentukan judul, teks iklan, ilustrasi dan warna
Iklan
di radio Pilihlah kata-kata, kualitas
suara dan vokalisasinya.
4. Stealth Marketing
Yang dimaksud dengan stealth
marketing atau pemasaran anti radar yaitu dimana konsumen dibuat tidak sadar
sama sekali bahwa ia telah diperdaya pemasaran. Konsep pemasaran anti radar
biasanya menggunakan cara komunikasi getok tular.
Selain murah
biayanya strategi ini juga dianggap lebih tajam dan efektif.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar