Riset pemasaran atau marketing research adalah kegiatan penelitian
di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan
masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan intepretasi
hasil penelitian. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi
pemasaran dalam merebut peluang pasar.
Maksud tindakan yang sistematis
adalah tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten, didasarkan atas
kegiatan – kegiatan yang ilmiah serta dapat dibuktikan kebenarannya. Untuk
kegiatan riset pemasaran, kegiatan yang sistematis tersebut meliputi berbagai
kegiatan, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data serta
pengujian hipotesis.
TUJUAN RISET
PEMASARAN
Ø
Mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat
menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada.
Ø
Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political
biases).
Identifikasi, pengumpulan data,
analisis dan interpretasi hasil penelitian :
v
Identifikasi meliputi kegiatan identifikasi
mulai dari masalah manajemen sampai merumuskannya ke dalam bentuk masalah riset
pemasaran (marketing research problem).
v
Gunakan metode yang tepat untuk pengumpulan
data.
v
Gunakan metode analisis yang tepat.
v
Interpretasikan.
.
PROSES
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses pengambilan keputusan
meliputi 6 kegiatan utama yaitu :
1.
Tentukan masalah pemasaran.
2.
Tentukan variabel – variabel yang tidak termasuk dalam
kategori variabel yang dapat dikontrol dan tidak dapat dikontrol.
3.
Kumpulkan semua variabel yang relevan.
4.
Pilih alternatif terbaik.
5.
Kembangkan dan implementasikan rencana pemasaran.
6.
Evaluasi keputusan yang telah diambil berikut proses
maupun hasilnya.
KLASIFIKASI
RISET PEMASARAN
1.
Riset untuk identifikasi masalah :
Riset yang diadakan untuk
mengidentifikasi masalah. Masalah ini tidak harus ada saat ini, tetapi
kemungkinan besar akan muncul di masa yang akan datang.
2.
Riset untuk pemecahan masalah :
Riset yang diadakan untuk
menolong memecahkan masalah yang lebih spesifik di dalam pemasaran.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar