Arsip Blog

Pengertian dan Tujuan Riset Pemasaran


Riset pemasaran atau marketing research adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan intepretasi hasil penelitian. Hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.

Maksud tindakan yang sistematis adalah tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten, didasarkan atas kegiatan – kegiatan yang ilmiah serta dapat dibuktikan kebenarannya. Untuk kegiatan riset pemasaran, kegiatan yang sistematis tersebut meliputi berbagai kegiatan, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data serta pengujian hipotesis.

    TUJUAN RISET PEMASARAN
Ø  Mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada.
Ø  Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). 
Identifikasi, pengumpulan data, analisis dan interpretasi hasil penelitian :
v  Identifikasi meliputi kegiatan identifikasi mulai dari masalah manajemen sampai merumuskannya ke dalam bentuk masalah riset pemasaran (marketing research problem).
v  Gunakan metode yang tepat untuk pengumpulan data.
v  Gunakan metode analisis yang tepat.
v  Interpretasikan.

.     PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses pengambilan keputusan meliputi 6 kegiatan utama yaitu :
1.      Tentukan masalah pemasaran.
2.      Tentukan variabel – variabel yang tidak termasuk dalam kategori variabel yang dapat dikontrol dan tidak dapat dikontrol.
3.      Kumpulkan semua variabel yang relevan.
4.      Pilih alternatif terbaik.
5.      Kembangkan dan implementasikan rencana pemasaran.
6.      Evaluasi keputusan yang telah diambil berikut proses maupun hasilnya.

    KLASIFIKASI RISET PEMASARAN
1.      Riset untuk identifikasi masalah :
Riset yang diadakan untuk mengidentifikasi masalah. Masalah ini tidak harus ada saat ini, tetapi kemungkinan besar akan muncul di masa yang akan datang.
2.      Riset untuk pemecahan masalah :

Riset yang diadakan untuk menolong memecahkan masalah yang lebih spesifik di dalam pemasaran. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI