Arsip Blog

Pengertian Kompensasi


Merupakan salah satu tujuan utama seseorang bekerja. Kompensasi yaitu semua bentuk penghargaan atau imbalan yang diberikan oleh perusahaan untuk penggantian atas kinerja pegawai yang terdiri dari bentuk finansial seperti gaji pokok, insentif, bonus, dan tunjangan lainnya. Serta bentuk non finansial seperti pekerjaan yang menarik minat, tantangan pekerjaan, tanggung jawab, pengakuan yang memadai atas prestasi yang dicapai, serta adanya peluang promosi bagi pegawai berpotensi yang diperoleh pegawai sebagai bagian dari sebuah hubungan kepegawaian.

Komponen Kompensasi

1.      Kompensasi financial langsung (direct financial compensation) : contoh : gaji, upah, bonus, dan komisi
2.      Kompensasi financial tidak langsung (indirect financial compensation) :Disebut juga dengan tunjangan. Contoh: asuransi jiwa dan kesehatan, bantuan sosial, jaminan pensiun, jaminan tenaga kerja, dll.
3.      Kompensasi non financial (non financial compensation)
a.       Kepuasan yang diperoleh pegawai dari pekerjaan itu sendiri, antara lain berupa: tantangan pekerjaan, tanggung jawab, promosi.

b.      Kepuasan yang diperoleh pegawai dari lingkungan pekerjaan, berupa : kebijakan perusahaan , pengawasan, rekan kerja. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI