Menurut Four AS
(the American Association of Advertising Agency), Integrated Marketing (IMC)
adalah :
“Konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah
rencana komprehensif yang mengkaji peran strategis masing-masing bentuk
komunikasi misalnya iklan, direct response, promosi penjualan, dan humas serta
memadukannya untuk meraih kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi maksimal
melalui pengintegrasian pesan”.
Lima premis
dasar yang mendasari IMC adalah :
a.
Keterpaduan (integrasi) adalah proses tak terbatas dan
berujung karena mencakup berbagai jenjang
b.
IMC bukan pekerjaan satu fungsi, melainkan multifungsi
c.
Semua pihak yang terkait dengan perusahaan penting
untuk ditangani secara proporsional, tidak lagi terfokus hanya pada pelanggan
semata
d.
Perusahaan selalu mendengar masukan dari semua pihak,
termasuk pelanggan
e.
Setiap titik kontak dengan publik menyebarkan pesan
komunikasi (mulai dari kemasan produk, logo perusahaan, layanan pelanggan dll).
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar