Arsip Blog

Bauran Komunikasi Pemasaran


1. Periklanan

Ciri-ciri dan kelebihan iklan antara lain: 
a.       Public presentation : sifat publik dari iklan memberi semacam legitimasi pada produk dan mengesankan penawaran yang terstandarisasi.
b.      Pervasiveness : pemasar bisa mengulang-ulang pesan yang sama melalui iklan.
c.       Amplified expresiveness : iklan memberi peluang untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, bunyi dan warna.
d.      Impersonality : Audiens tidak wajib menaruh perhatian atau merespon iklan.

Tiga Media iklan, antara lain :
a.       Advertorial adalah iklan cetak yang memuat teks editorial dan mungkin sedikit susah dibedakan dari isi koran atau majalah lainnya.
b.      Infomersial adalah iklan tv yang ditayangkan selama 30 menit sama seperti acara tv lainnya dan mengupas atau mendemonstrasikan sebuah produk.
c.       Banner adalah tanda kecil di halaman web yang menyajikan iklan produk atau perusahaan dengan cara mengklik banner tersebut.

2. Promosi Penjualan

Alat-alat promosi penjualan diantaranya adalah kupon, kontes, premi dan lain sebagainya. Dari semua jenis promosi tersebut masing-masing menawarkan tiga benefit, yaitu :
a.       Komunikasi : promosi biasanya mengundang minat dan menyajikan informasi agar konsumen terdorong membeli.
b.      Insentif : menawarkan konsesi, rangsangan atau kontribusi yang bagi konsumen bisa merupakan value tersendiri.
c.       Undangan : promosi bersifat mengundang agar seketika dapat terjadi transaksi.
3.      Humas dan Publikasi Keunggulannya yaitu :
a.       Kredibilitas tinggi : berita dan fitur lebih otentik dan kredibel di mata pembaca lebih tinggi ketimbang iklan.
b.      Mampu menjaring pembeli dalam keadaan lengah : humas mampu menjangkau prospek yang suka menghindari wiraniaga dan iklan.
c.       Dramatisasi : humas mampu mendramatisir perusahaan atau produk.
4.      Penjualan Personal Keunggulannya yaitu :
a.       Perjumpaan personal : hubungan tidak berjarak dan bersifat interaktif antara 2 orang atau lebih.
b.      Kultivasi : penjualan personal memungkinkan berkembangnya segala jenis hubungan, dari sekedar hubungan jual beli hingga persahabatan pribadi yang hangat.
c.       Respon : penjualan personal mampu memaksa pembeli merasa wajib mendengarkan wiraniaga.

5. Pemasaran Langsung

Berbagai bentuk direct marketing diantaranya yaitu, direct mail, telemarketing, internet marketing. Kesemuanya sama-sama memiliki empat ciri unik : a. Non Publik : pesan biasanya dialamatkan pada orang tertentu
b.      Customized : pesan bisa khusus dibuatkan agar dapat membujuk individu
c.       Up-to-date : pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat

d.      Interaktif : pesan dapat diubah-ubah tergantung respon yang diterima. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI