Organisasi yang
menjual ke pasar konsumen dan pasar industri mengakui bahwa mereka tidak dapat
menarik semua pembeli di pasar tersebut, atau tidak dapat menarik pembeli
dengan cara yang sama. Pembeli terlalu banyak, terlalu tersebar luas, dan
terlalu bervariasi dalam kebutuhan dan kebiasaan membeli. Dan perusahaan yang
berbeda amat bervariasi dalam kemampuannya untuk melayani segmen pasar yang
berbeda. Daripada mencoba untuk bersaing di seluruh pasar, setiap perusahaan
harus menentukan bagian pasar mana yang dapat dilayani dengan baik.
Menurut Philip Kotler (1997 : 235)
kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan
kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran
terpisah disebut Segmentasi Pasar. Pasar terdiri dari
pembeli, dan pembeli berbeda dalam satu atau lain cara. Mereka dapat berbeda
dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap pembelian, dan praktek pembelian.
Karena pembeli mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik, setiap pembeli
secara potensial merupakan pasar terpisah. Kemudian secara ideal perusahaan
merancang progaram pemasaran terpisah untuk setiap pembeli.
Dasar – dasar untuk membuat
segmentasi pasar konsumen :
1.
Segmentasi geografik yaitu membagi pasar menjadi
beberapa unit secara geografik seperti negara, provinsi, kota, atau kompleks
perumahan.
2.
Segmentasi demografik yaitu membagi pasar menjadi
kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin, ukuran
keluarga, daur kehidupan keluarga, pendapatan pekerjaan, pendidikan, agama,
ras, dan kebangsaan. Faktor demografik merupakan dasar paling populer untuk
membuat segmen kelompok pelanggan, karena kebutuhan konsumen, keinginan, dan
tingkat penggunaan sering kali amat dekat dengan variabel demografik. Alasan
lain karena variabel demografik lebih mudah diukur ketimbang tipe variabel yang
lain.
3.
Segmentasi psikografik yaitu membagi pembeli menjadi
kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup, atau
kepribadian. Contohnya iklan rokok Surya 16 dengan slogan “Surya 16 cita rasa
eksklusif” membidik segmen pasar eksekutif muda.
4.
Segmentasi tingkah laku yaitu mengelompokkan pembeli
berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan, atau reaksi mereka terhadap
suatu produk.
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar