Arsip Blog

Pengertian Rasio Likuiditas


 Masalah Likuiditas berhubungan dengan masalah kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi.

Jumlah alat - alat pembayaran (alat-alat likuid) yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada saat tertentu merupakan kekuatan membayar dari perusahaan yang bersangkutan. Bagaimana mengukur tingkat Likuiditas Perusahaan? Ada jalan dua cara untuk menjawab pertanyaan tentang likuiditas.

      Pada pendekatan pertama membandingkan kas dan aktiva – aktiva yang dapat diubah dalam bentuk kas pada tahun dimana kewajiban jatuh tempo dan akan dibayar pada tahun itu juga. Dalam perhitungannya kita akan menggunakan rasio seperti: quick ratio, current ratio, dan cash ratio.

      Pada pendekatan kedua adalah dengan mempelajari kemampuan perusahaan untuk mengubah piutang usaha dan persediaan kas dalam suatu periode waktu tertentu. Pengubahan piutang usaha menjadi kas dapat diukur dengan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan penagihan piutang perusahaan dengan menghitung periode penagihan rata- rata (average collection period).

            Metode perhitungan rasio likuiditas:


Bagikan :




2 komentar:

Bakaku.Net - Download Komik Anime Subtitle Indonesia mengatakan...

makasih gan , ane belum faham :)

ilham mengatakan...

pelan ajah gan , ntar juga ngerti asal belajar terus

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI