Arsip Blog

Pengertian Rentabilitas


 Rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan anatara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Jadi dapat dikatan bahwa Rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.   

  Cara untuk menilai rentabilitas suatu perusahaan adalah bermacam – macam dan tergantung pada laba dan aktiva atau modal mana yang akan diperbandingkan satu dengan yang lainnya. Dengan adanya bermacam – macam dalam penilaian rentabilitas suatu perusahaan, maka tidak mengherankan jika perhitungan rentabilitas perusahaan berbeda – beda. Yang utama adalah rentabilitas mana yang digunakan sebagai alat pengukur efisiensi penggunaan modal dalam perusahaan yang bersangkutan.

1.      Rentabilitas Ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dengan modal asing yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dengan presentase. Maka dari itu pengertian Rentabilitas Ekonomi sering dipergunakan untuk mengukur efisiensi penggunaan modal didalam suatu perusahaan. Laba yang diperhitungkan adalah semua laba yang dihasilkan oleh modal yang dipergunakan. Dalam menghadapi kasus bagaimana tingkat rentabilitas dapat dipertinggi, maka perlu diketahui ada 2 faktor yang mempengaruhinya, yaitu: 
a.    Profit Margin yaitu perbandingan antara net operating income dengan net sales.
b.    Turnover of Operating Assets yaitu kecepatan berputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu.


2.      Rentabilitas Modal Sendiri adalah perbandingan antara jumlah laba yang tersedia bagi pemilik modal sendiri disatu pihak dengan jumlah modal sendiri yang menghasilkan laba tersebut dilain pihak. Laba yang diperhitungkan dalam untuk menghitung rentabilitas modal sendiri adalah laba usaha setelah dikurangi dengan bunga modal asing dan pajak perseroan atau income tax.


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI