Arsip Blog

Penyusunan Anggaran KAS


PENYUSUNAN ANGGARAN KAS

Penyusunan anggaran ini mencakup dua sektor yaitu :
1.      Sektor Penerimaan Kas
Sektor penerimaan kas pada umumnya berasal dari:
a.       Penjualan tunai barang jadi yang diproduksi
b.      Penagihan Piutang
c.       Penjualan Aktiva tetap
d.      Penerimaan lain-lain (Non Operating), seperti misalnya penghasilan bunga, penghasilan sewa, penghasilan dividend, dan sebagainya.

2.      Sektor Pengeluaran Kas
Sektor pengeluaran kas yang pada umumnya berupa pengeluaran untuk biaya-biaya, baik biaya-biaya utama (operating), maupun biaya-biaya bukan utama (non Operating), seperti misalnya :
a.       Pembelian tunai bahan mentah
b.      Pembayaran utang
c.       Pembayaran upah tenaga kerja langsung
d.      Pembayaran biaya pabrik tidak langsung
e.       Pembayaran biaya administrasi
f.       Pembayaran biaya penjualan
g.       Pembelian aktiva tetap
h.      Pembayaran lain-lain (non Opearting), seperti misalnya pembayaran biaya bunga, pembayaran biaya sewa, dan sebagainya.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN KAS

Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun anggaran kas adalah:
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan kas, antara lain:
a.       Anggaran penjualan, khususnya rencana tentang jenis (kualitas) dan jumlah (kuantitas) barang yang akan dijual dari waktu-ke-waktu selama periode yang akan datang. Semakin besar jumlah penjualan akan memperbesar penerimaan kas.
b.      Keadaan persaingan di pasar. Persaingan yang lebih keras akan memperkecil pula penerimaan kas. Persaingan yang lebih lunak akan memungkinkan perusahaan memperbesar pula penerimaan kas.
c.       Posisi perusahaan dalam persaingan cukup kuat akan memperbesar penerimaan syarat pembayaran (term of payment) yang ditawarkan perusahaan.
d.      Kebijaksanaan perusahaan dalam penagihan piutang. Penagihan piutang yang lebih aktif akan mempercepat penerimaan kas. Sedangkan sebaliknya, penagihan piutang yang kurang aktif akan memperlambat penerimaan kas.
e.       Budget perubahan aktiva tetap, khususnya rencana tentang pengurangan (penjualan) aktiva tetap.
f.       Rencana-rencana perusahaan tentang penerimaan-penerimaan kas dari sumber lainlain (Non Operating), seperti misalnya penghasilan bunga, penghasilan sewa, penghasilan dividen, dan sebagainya. 
             
2.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengeluaran Kas, antara lain:
a.       Budget pembelian bahan mentah, khususnya rencana tentang jenis (kualitas) dan jumlah (kuntitas) bahan mentah yang akan dibeli dari waktu-ke-waktu selama periode yang akan datang.
b.      Keadaan persaingan para supplier bahan mentah di pasar persaingan yang lebih keras akan memperkecil pengeluaran kas.
c.       Posisi perusahaan terhadap pihak supplier bahan mentah. Bilamana posisi perusahaan cukup kuat, maka perusahaan lebih dapat "memaksakan" pembelian secara kredit, sehingga akan memperkecil pengeluaran kas.
d.      Syarat pembayaran (tenn of payment) yang ditawarkan oleh supplier bahan mentah.
e.       Budget upah tenaga kerja langsung. Semakin besar upah tenaga kerja langsung yang akan dibayar, akan semakin besar pula pengeluaran kas yang akan dilakukan.
f.       Budget biaya pabrik tidak langsung. Semakin besar biaya pabrik tidak langsung yang harus dibayar, akan semakin besar pula pengeluaran kas yang akan dilakukan.
g.       Budget biaya administrasi. Semakin besar biaya administrasi yang harus dibayar, akan semakin besar pula pengeluaran kas yang akan dilakukan.
h.      Budget perusahaan aktiva tetap, khususnya rencana tentang penambahan aktiva tetap. Penambahan aktiva tetap memperbesar pengeluaran kas.

i.        Rencana-rencana perusahaan tentang pengeluaran-pengeluaran kas untuk keperluan lain-lain (Non Operating), seperti misalnya untuk biaya bunga, biaya sewa, dan sebagainya. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI