Arsip Blog

Saluran Komunikasi Personal


Secara garis besar, saluran komunikasi dibagi 2, yaitu personal dan nonpersonal. Saluran komunikasi personal meliputi dua orang atau lebih yang berkomunikasi langsung secara tatap muka antara pembicara dengan audiensnya, mengunakan telepon ataupun e-mail. Komunikasi personal dapat lebih efektif dengan adanya peluang untuk mengindividualisasikan penyampaian pesan dan umpan baliknya.
Pembedaan lebih lanjut dapat diterapkan pada saluran komunikasi pendukung, pakar, dan sosial. Saluran pendukung terdiri dari wiraniaga yang menghubungi pembeli pada pasar yang dibidik. Saluran pakar mencakup para ahli independen yang membuat pernyataan dan ditujukan kepada calon pembeli. Saluran sosial meliputi, tetangga, teman, anggota keluarga dan kenalan yang berkomunikasi dengan pembeli sasaran. Banyak orang bersedia mencoba produk baru karena faktor pertemanan ataupun kerabat.
Pengaruh personal sangat menentukan khususnya bila produknya sangat mahal, jarang dibeli, dan beresiko. Pembeli cenderung mencari informasi secara aktif. Situasi lainya yaitu kalau produknya terkait dengan masalah selera atau status pemakai. Pembeli akan berkonsultasi dahulu untuk menghindari rasa malu.
Perusahaan dapat mengambil langkah-langkah tertentu agar memancing pengaruh pribadi dapat bekerja sesuai dengan keinginan mereka, yaitu dengan cara :
§  Mengidentifikasikan tokoh dan perusahaan berpengaruh dan memusatkan upaya pada mereka.
§  Menciptakan pembentuk opini dengan cara memasok produk pada orang-orang tertentu dengan berbagai kemudahan khusus.
§  Memanfaatkan tokoh masyarakat pemberi pengaruh seperti ketua organisasi wanita, ketua kelas atau disc jockey setempat.
§  Memanfaatkan orang yang berpengaruh atau dapat dipercaya dalam iklan testimonial.
§  Membuat iklan yang memiliki “coservation value” yang tinggi.
§  Mengembangkan saluran getok ular referal untuk membangun bisnis.

§  Membuat forum elektronik. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI