Arsip Blog

Pengertian Variable Costing


VARIABEL COSTING
Variable costing adalah metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi yang berperilaku variable kedalam harga pokok produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Manfaat variable costing :

1.  laporan L/R dengan contribusi margin hamper mengikuti pemikiran manajemen tentang prestasi laba sebagai fungsi penjualan.
2.  informasi untuk analisis biaya-volume-laba dapat diperoleh langsung dari laporan L/R
3.  penentuan harga pokok variable menyajikan dasar untuk menyiapkan anggaran fleksibel (yang memisahkan biaya variable dari biaya tetap)

Kelemahan variable costing :

1.                  pemisahan pola perilaku biaya menjadi biaya variable dan tetap sebenarnya sulit dan hasilnya merupakan taksiran.
2.                  penentuan harga pokok variable tidak dapat digunakan untuk pelaporan eksternal, maksudnya tidak sesuai dengan prinsip akuntansi yang lazim (SAK)
3.                  Untuk perusahaan yang kegiatan usahanya bersifat musiman, variable costing akan menyajikan kerugian yang berlebihan dalam periode tertentu dan menyajikan laba yang tidak normal pada periode lainnya.

4.                  tidak diperhitungkannya biaya overhead pabrik tetap dalam persediaan dan harga pokok persediaan akan mengakibatkan nilai persediaan lebih rendah, sehingga akan mengurangi odal kerja yang dilaporkan untuk tujuan-tujuan analisis keuangan. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI