Arsip Blog

Manfaat Jurnal Khusus



Jurnal khusus  adalah  suatu  metode untuk  mengikhtisarkan transaksi dan  merupakan bagian mendasar dari  sistem akuntansi. Pada  suatu perusahaan, format dan  jumlah jurnal khusus tergantung pada sifat atau keadaan usaha tersebut. Pada bab ini, kita akan membahas jurnal khusus untuk perusahaan dagang. 
Secara umum, manfaat jurnal khusus adalah sebagai berikut.
1.      Memungkinkan  pembagian  pekerjaan  
Setiap  jurnal  khusus ditangani oleh  satu  orang  sehingga terjadi spesialisasi pekerjaan. Salah satu  manfaat dari  spesialisasi ini  adalah berupa efisiensi dalam administrasi pekerjaan, atau  dengan kata  lain  pekerjaan ini  dapat dilakukan lebih cepat.

2.      Memudahkan pemindahbukuan  ke  buku  besar  
Pemindah- bukuan (posting) adalah pencatatan angka-angka dalam jurnal ke masing-masing buku besar. Pada  jurnal khusus, pemindah- bukuan  individual  tidak ada,   melainkan  hanya  terjadi  satu proses pemindahbukuan untuk setiap buku jurnal khusus dalam satu  bulan, yaitu setiap akhir bulan.

3.      Memungkinkan pengendalian intern menjadi lebih baik  

Setiap jurnal  khusus  menjadi  tanggung jawab   satu   orang   petugas, sehingga lebih memudahkan pelaksanaan pengendalian terhadap buku tersebut. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI