Arsip Blog

Mengenal Akun Perusahaan Dagang


Akun-akun dalam perusahaan dagang secara umum sama dengan akun-akun perusahaan jasa. Namun, karena kegiatan usahanya berbeda, maka pendapatan yang diperoleh perusahaan dagang adalah dari penjualan. Perbedaan yang mendasar adalah adanya persediaan barang dagang, yang mana tidak dimiliki oleh perusahaan jasa.  


Yang dimaksud dengan rekening atau perkiraan (accounts) adalah suatu alat pencatatan dan sekaligus sebagai komponen yang paling mendasar dalam sistem akuntansi yang formal, untuk mencatat transaksi keuangan, baik yang menyangkut penambahan atau penurunan dari setiap jenis aktiva, hutang, modal pemilik, penghasilan dan biaya dalam perusahaan 


Kumpulan dari rekening-rekening ini disebut Buku Besar (ledger). Rekeningrekening dalam buku besar dapat dipisahkan dalam tiga kelompok, yaitu :

1.      Rekening-rekening Riil/Nyata (real accounts) adalah kelompok rekening yang pada setiap akhir periode akuntansi akan dipresentasikan di neraca. Itulah sebabnya rekening-rekening ini disebut juga dengan rekening neraca (balance sheet accounts). Yang termasuk rekening nyata adalah rekening-rekening aktiva, rekening-rekening utang dan rekening-rekening modal.

2.      Rekening Nominal (nominal accounts) adalah kelompok rekening yang pada setiap akhir periode akutntansi akan dipresentasikan dalam laporan rugi-laba. Oleh karena itu rekening-rekening ini disebut juga dengan rekening laba-rugi (profit or loss accounts). Yang termasuk rekening nominal adalah rekeningrekening penghasilan dan rekening-rekening biaya.

3.      Rekening Campuran (mix accounts) adalah rekening-rekening yang saldonya terdiri dari unsur-unsur rekening nyata dan rekening nominal. Guna penyusunan laporan keuangan, maka rekening-rekening seperti ini harus dianalisis dan dipisahkan secara tegas ke rekening nyata dan rekening nominal. Contoh dari rekening campuran adalah Perlengkapan dan Sewa dibayar di muka. 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI