Arsip Blog

Contoh Kasus Audit Sumber Daya Manusia(SDM)


Anda sedang mengaudit laporan keuangan bapak iyan, seorang kontraktor independen. semua gaji pegawai dibayar secara tunai karena bapak iyan percaya hal ini akan mengurangi pengeluaran pegawai dan pegawai menyukai hal tersebut.
Pada saat mengaudit anda menemukan sekitar Rp1.850.000 dari Rp 2.000.000 kas kecil merupakan gaji yang belum diambil. Penelaahan lebih jauh menunjukkan bahwa bapak bobby menggunakan prosedur untuk membukukan gaji yang belum diambil sebagai kas kecil agar uang tersebut dapat digunakan untuk pengeluaran. Saat gaji diambil oleh seseorang, maka uang tersebut diambil dari dana kas kecil. Bapak iyan menjelaskan bahwa prosedur ini mengurangi jumlah cek yang dikeluarkan untuk mencairkan kas kecil dan memberikan  tanggungjawab semua  kas ditangan pada satu orang yang juga memegang kas kecil untuk mendistribusikan pembayaran gaji.
a.       Apakah sistem bapak iyan telah menerapkan pengendalian internal yang sesuai untuk gaji yang belum diambil? Jelaskan!
b.      Karena bapak iyan sangat ingin membayar gaji dengan uang tunai. Prosedur apa yang akan anda sarankan untuk membuat pengendalian internal yang baik atas gaji yang belum diambil?    
Jawab
a.       Sistem yang diterapkan oleh bapak iyan tidak sesuai, dikarenakan dana kas kecil dibentuk dengan jumlah uang yang cukup untuk keperluan-keperluan pengeluaran kas yang jmlahnya kecil selama satu bulan. Misalnya biaya fotocopy, biaya konsumsi, biaya rapat dll. Sedangkan gaji sifatnya adalah beban yang secara langsung akan mengurangi kas.
b.      Sebaiknya untuk pembayaran gaji diambil dari kas. Dengan pencatatan Biaya gaji terhadap hutang gaji. Jika nanti gaji akan diambil maka pencatatan menjadi Hutang gaji terhadap kas.


Kasus Audit SDM

PT ALFASOFT Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa internet yang menyewakan bandwith kepada publik. Perusahaan ini mempunyai 200 staff. Struktur organisasi perusahaan ini terdiri dari Top Management yaitu President Director, Internal Audit Director dan Purchasing Director. Sedangkan Management Operasional terdiri dari Technical Director, Financial and Administration Direction Director, Marketing Director, HRD Director dan R&D Director.
Perusahaan tersebut merupakan perusahaan milik keluarga sehingga untuk pergantian posisi jabatan dalam kurun waktu yang cukup lama atau dapat dikatakan jarang sekali terjadi perubahan posisi jabatan. Selain itu pada bagian Top Management dan Management Operasional terdapat beberapa jabatan yang kurang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Tapi meskipun demikian perusahaan tetap memasang jabatan tersebut karena rasa kekeluargaan.
Pelaksanaan audit SDM dilaksanakan oleh pihak intern perusahaan karena dianggap lebih mengetahui organisasi dan berada dalam suatu posisi yang lebih baik untuk menentukan aspek yang memerlukan penilaian pihak dalam juga tampaknya lebih kecil dipandang sebagai suatu ancaman untuk organisasi yang diaudit.
Di lain pihak saat ini perusahaan mengalami permasalahan, yaitu minat investor yang semakin berkurang dari tahun ke tahun, sehingga mengalami banyak kemunduran. Pertanyaan:

1.      Menurut anda, faktor apa yang menyebabkan masalah tersebut?

2.      Tindakan apa yang seharusnya dilakukan perusahaan untuk menyelesaikan masalah tersebut agar perusahaan dapat menjadi perusahaan yang kompetitif? 


Bagikan :




0 komentar:

Posting Komentar

Berita Tekno Terbaru

Berita Tekno Terbaru
it-jurnal.com

review Film Terbaik

Cloud Service Provider

About Us -|- Contact Us- | -Disclaimer-| -Daftar ISI