Menurut Fandy
Tjiptono (2001:160), ada beberapa strategi yang dapat dipadukan untuk meraih
dan meningkatkan kepuasan pelanggan :
1. Relationship Marketing
Dalam strategi ini, hubungan
transaksi antara penyedia jasa dan pelanggan berkelanjutan, tidak berakhir
setelah penjualan selesai. Dengan kata lain dijalin suatu kemitraan jangka
panjang dengan pelanggan secara terus-menerus, sehingga dapat terjadi bisnis
ulangan.
2. Strategi Superior Customer Service
Perusahaan yang menerapkan
strategi ini berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul daripada
saingannya.
3. Strategi Unconditional Guarantees
Komitmen untuk memberikan
kepuasan kepada pelanggan yang pada giliranya akan menjadi sumber dinamisme
penyempurnaan kualitas jasa dan kinerja perusahaan
4. Strategi Penanganan Keluhan yang Efektif
Penanganan keluhan yang baik
memberikan peluang untuk mengubah seorang pelanggan yang tidak puas menjadi
pelanggan yang puas (atau bahkan pelanggan abadi).
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar