PELAPORAN YANG
DISEGMEN
Untuk
beroperasi secara efektif, manajer harus mempunyai informasi sebanyak-banyaknya
yang melebihi dari informasi yang diberikan oleh laporan labarugi semata.
Beberapa jenis produk dapat menguntungkan dan beberapa lainnya tidak dapat
memberikan keuntungan, beberapa daerah penjualan mungkin mempunyai komposisi
penjualan yang buruk atau mungkin mengabaikan kesempatan penjualan, atau
beberapa divisi produksi mungkin tidak efektif menggunakan kapasitas dan sumber
daya mereka. Untuk membuka masalah ini manajer membutuhkan laporan yang
memfokuskan pada segmen perusahaan.
Segmen dapat
didefinisikan sebagai setiap bagian aktivitas organisasi yang mengakibatkan
manajer perlu mencari data biaya mengenai bagian atau aktivitas organisasi
tersebut. Misalnya, segmen akan meliputi daerah penjualan, divisi produksi,
departemen produksi dan jenis produk.
Laporan yang disegmen dapat disajikan untuk
aktivitas pada berbagai tingkat yang berbeda pada organisasi dan dapat
disajikan dalam bentuk yang berbeda.
KONSEP ALOKASI DASAR
Laporan yang disegmen untuk kegiatan intern
disajikan secara khusus dalam bentuk kontribusi. Pedoman penentuan harga pokok
yang digunakan dalam penyajian laporan ini adalah sama seperti pedoman
penentuan harga pokok yang dignakan dalam penyajian laporan jenis kontribusi
pada umumnya, kecuali satu hal yang tidak sama yaitu terletak pada penanganan
biaya tetap. Dimana biaya tetap dibagi ke dalam dua bagian pada laporan yang
disegmen yaitu Direct Fixed Cost dan Common Fixed Cost.
Direct Fixed Cost yaitu biaya tetap yang dapat dikaitkan langsung pada segmen tertentu dan yang timbul karena adanya segmen. sedangkan Common Fixed Cost yaitu biaya tetap yang tidak dapat dikaitkan langsung pada setiap segmen tertentu, tetapi timbul karena aktivitas operasi keseluruhan.
Dua pedoman yang diikuti dalam membebankan
biaya ke berbagai segmen organisasi menurut pendekatan kontribusi yaitu :
1.
Mengikuti pola perilaku biaya (biaya variabel dan
tetap)
2.
Mengikuti apakah biaya dapat ditelusuri secara langsung
ke segmen yang bersangkutan atau tidak.
Pelaporan yang disegmen memberi kemampuan perusahaan
untuk melihat sendiri dari beragai sudut pandang yang berbeda. berbeda cara
untuk dapat menghasilkan data biaya dan profitabilitas meliputi :
1.
Per devisi
2.
Per lini Produk
3.
Per daerah penjualan
4.
Per daerah desa
Bagikan :
0 komentar:
Posting Komentar